@misc{eprints1702, month = {Juni}, title = {PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION DENGAN MEDIA GRAFIS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PKn KELAS V B SD NEGERI 7 METRO PUSAT TAHUN PELAJARAN 2012/2013}, author = {FORRY PUTRA NILAWAN Suyanto}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2014}, url = {http://digilib.unila.ac.id/1702/}, abstract = {Penelitian ini dilatarbelakangi oleh aktivitas dan hasil belajar siswa yang masih rendah di kelas V B SD Negeri 7 Metro Pusat khususnya pada mata pelajaran PKn. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn dengan menerapkan model Cooperative Learning Tipe Group Investigation dengan media grafis. Metode penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus dan masing-masing siklus melalui empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan tes hasil belajar. Alat pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan soal-soal tes kemudian dianalisis dengan analisis data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata aktivitas siswa dan hasil belajar siswa setiap siklus. Nilai rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 70,88 dan meningkat pada siklus II sebesar 77,63. Peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 6,75. Begitu pula nilai rata-rata hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, pada siklus I sebesar 69,80, meningkat menjadi 75,40 pada siklus II. Kata kunci: Aktivitas Siswa, Hasil Belajar, Model Cooperative Learning Tipe Group Investigation dan Media Grafis.} }