%0 Generic
%A Suyanto, FORRY PUTRA NILAWAN
%C UNIVERSITAS LAMPUNG
%D 2014
%F eprints:1702
%I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
%T PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP  INVESTIGATION DENGAN MEDIA GRAFIS UNTUK MENINGKATKAN  AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PKn  KELAS V B SD NEGERI 7 METRO PUSAT  TAHUN PELAJARAN 2012/2013
%U http://digilib.unila.ac.id/1702/
%X Penelitian ini dilatarbelakangi oleh aktivitas dan hasil belajar siswa yang  masih rendah di kelas V B SD Negeri 7 Metro Pusat khususnya pada mata  pelajaran PKn. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan  hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn dengan menerapkan model  Cooperative Learning Tipe Group Investigation dengan media grafis.  Metode penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan dua  siklus dan masing-masing siklus melalui empat tahapan, yaitu perencanaan,  pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan  dengan cara observasi dan tes hasil belajar. Alat pengumpulan data menggunakan  lembar observasi dan soal-soal tes kemudian dianalisis dengan analisis data  kualitatif dan data kuantitatif.  Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata aktivitas  siswa dan hasil belajar siswa setiap siklus. Nilai rata-rata aktivitas belajar siswa  pada siklus I sebesar 70,88 dan meningkat pada siklus II sebesar 77,63.  Peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 6,75. Begitu pula nilai rata-rata hasil  belajar siswa juga mengalami peningkatan, pada siklus I sebesar 69,80, meningkat  menjadi 75,40 pada siklus II.  Kata kunci: Aktivitas Siswa, Hasil Belajar, Model Cooperative Learning Tipe  Group Investigation dan Media Grafis.