?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENINGKATAN+AKTIVITAS+DAN+HASIL+BELAJAR+MATEMATIKA%0D%0ADENGAN+MODEL+PAIKEM+PADA+SISWA+KELAS+IV%0D%0ASD+NEGERI+2+SUKARAJA+BANDAR+LAMPUNG%0D%0ATAHUN+PELAJARAN+2013+%2F+2014&rft.creator=(Almarhum)+Ngadio%2C+LELI+OKFIANI&rft.subject=LB+Theory+and+practice+of+education&rft.subject=LB1501+Primary+Education&rft.description=Berdasarkan+data+observasi+awal+yang+diperoleh+di+SD+Negeri+2+Sukaraja+Bandar+Lampung+yaitu+aktivitas+dan+prestasi+hasil+belajar+siswa+masih+rendah+khususnya+mata+pelajaran+matematika%2C+15+siswa+yang+mendapatkan+nilai+diatas+nilai+65+(KKM)+dan+dinyatakan+tuntas+atau+hanya+50%25%2C+dan+15+yang+nilainya+dibawah+65+(KKM)+atau+50%25+dan+dinyatakan+belum+tuntas%2C+maka+diperlukan+upaya+untuk+meningkatkan+aktivitas+dan+prestasi+belajar+siswa+tersebut.%0D%0ABerdasarkan+kenyataan+di+atas+peneliti+menerapkan+model+pembelajaran+PAIKEM+yang+bertujuan+untuk+meningkatkan+aktivitas+dan+prestasi+hasil+belajar+siswa+pada+pembelajaran+matematika+pada+materi+menerapkan+atau+mengurutkan+bilangan+bulat+positif+dan+negatif.+Penelitian+ini+melibatkan+30+siswa%2C+terdiri+dari+16+siswa+laki-laki+dan+14+siswa+perempuaan%2C+kelas+IV+SD+Negeri+2+Sukaraja+Bandar+Lampung+pada+semester+I+tahun+Pelajaran+2013-+2014.%0D%0APenelitian+ini+menggunakan+metode+Penelitian+Tindakan+Kelas+(PTK)+dengan+menggunakan+dua+siklus.+Masing-masing+siklus+terdiri+dari+empat+tahap+yaitu+perencanaan%2C+pelaksanaan%2C+observasi+dan+refleksi.+Pengumpulan+data+dilakukan+dengan+lembar+observasi+siswa+serta+tes+hasil+belajar+disetiap+siklusnya.+Selanjutnya+data+dianalisis+dengan+cara+analisis+kualitatif+dan+analisis+kuantitatif.%0D%0ADari+hasil+analisis+data+menunjukkan+bahwa+penggunaan+model+pembelajaran+PAIKEM+dalam+proses+pembelajaran+matematika+siswa+kelas+IV+SD+Negeri+2+Sukaraja+Bandar+Lampung+dapat+meningkatkan+aktivitas+dan+hasil+prestasi+belajar+siswa.+Hal+ini+dapat+dilihat+dari+persentase+rata-rata+aktivitas+siswa+pada+siklus+I+adalah+54%2C2+dan+mengalami+peningkatan+pada+siklus+II+menjadi+74%2C0.+Sedangkan+nilai+rata-rata+hasil+belajar+siswa+pada+siklus+I+adalah+62%2C0+dan+mengalami+peningkatan+pada+siklus+II+menjadi+85%2C2.+Ketuntasan+siswa+pada+siklus+I+hanya+mencapai+26%2C6%25+(8+siswa)+dan+meningkat+pada+siklus+II+menjadi+100%25+(30+siswa).%0D%0AKata+Kunci+%3A+Aktivitas%2C+Prestasi+dan+Hasil+Belajar%2C+Model+PAIKEM&rft.publisher=FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN&rft.date=2014-05-06&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1707%2F1%2FCOVER%2520DALAM.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1707%2F2%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1707%2F3%2FHAL.%2520PERSETUJUAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1707%2F4%2FHAL.%2520PENGESAHAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1707%2F5%2FPERNYATAAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1707%2F6%2FDAFTAR%2520ISI.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1707%2F7%2FBAB%2520I.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1707%2F8%2FBAB%2520II.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1707%2F9%2FBAB%2520III.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1707%2F10%2FBAB%2520IV.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1707%2F11%2FBAB%2520V.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1707%2F12%2FDAFTAR%2520PUSTAKA.pdf&rft.format=archive&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1707%2F13%2FLAMPIRAN.zip&rft.identifier=++(Almarhum)+Ngadio%2C+LELI+OKFIANI++(2014)+PENINGKATAN+AKTIVITAS+DAN+HASIL+BELAJAR+MATEMATIKA+DENGAN+MODEL+PAIKEM+PADA+SISWA+KELAS+IV+SD+NEGERI+2+SUKARAJA+BANDAR+LAMPUNG+TAHUN+PELAJARAN+2013+%2F+2014.++FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1707%2F