%A H A N D O Y O 1013108010 %J Digital Library %T Upaya Meningkatkan Keterampilan Gerakan Hand Stand Roll menggunakan alat bantu pada siswa kelas V SD Negeri 3 Bagelen Gedongtataan Tahun Pelajaran 2011/2012 %X Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan proses pembelajaran gerak dasar berdiri dengan tangan guling kedepan Hand Stand Roll pada Siswa Kelas V SDN 3 Bagelen Gedongtataan dengan menggunakan alat bantu. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek yang diteliti adalah siswa Kelas V di SDN 3 Bagelen Gedongtataan yang berjumlah 36 Siswa, terdiri dari 20 pria dan wanita 16 Teknik pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi dan menggunakan instrument penilaian tes gerak dasar Hand Stand Roll serta analisis data menggunakan prosentasi ketuntasan belajar pada setiap siklusnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan alat bantu berupa teman dan Tongkat Kayu, dapat meningkatkan keterampilan gerak dasar Hand Stand Roll pada Siswa Kelas V SDN 3 Bagelen Gedongtataan. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran gerak dasar Hand Stand Roll dengan menggunakan alat bantu dapat memperbaiki dan meningkatkan serta mengefektifkan cara belajar siswa. %D 2012 %L eprints17072