@misc{eprints1708, month = {April}, title = {PEMANFAATAN MEDIA TIK SIMULASI UNTUK REMEDIAL PADA PEMBELAJARAN ALAT UKUR DI SMP}, author = {YUNITA PRASTIWI }, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2014}, url = {http://digilib.unila.ac.id/1708/}, abstract = {Ketidaktersediaan sumber belajar dan media pembelajaran di SMP Miftahul Ulum merupakan salah satu faktor penyebab tingginya jumlah siswa yang belum tuntas khususnya pada pembelajaran fisika, sehingga mengharuskan guru untuk melaksanakan program perbaikan atau program remedial. Terdapat satu alternatif yang dapat digunakan oleh guru dalam melaksanakan pembelajaran remedial yaitu menggunakan media TIK simulasi. Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan hasil belajar remedial siswa, mendeskripsikan Keterampilan Proses Sains (KPS), karakter, aktivitas siswa saat pembelajaran remedial berlangsung dan sikap atau respon siswa setelah mengikuti pembelajaran remedial menggunakan media TIK simulasi khususnya pada materi alat-alat ukur. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa yang belum tuntas dikelas VIIA dan VIIB SMP Miftahul Ulum Sekincau, yang terdiri dari 29 orang siswa. Media TIK simulasi yang digunakan berperan sebagai substitute (pengganti) dari alat-alat ukur yang didukung dengan metode pembelajaran demonstrasi dan LKS berbasis Yunita Prastiwi keterampilan proses sains. Desain penelitian yang digunakan adalah one shot case study. Alat pengumpul data berupa soal tes formatif, lembar observasi dan angket. Data hasil penelitian berdistribusi normal dan setelah diuji menggunakan uji paired sample t-test diperoleh nilai Sig.0,00 {\ensuremath{<}}0,05 yang menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar remedial siswa menggunakan media TIK simulasi dengan rata-rata skor N-Gain yang diperoleh yakni sebesar 0,3 dengan kategori sedang. Selain itu ketuntasan hasil belajar siswa meningkat walaupun tidak secara signifikan yakni sebesar 17,24\%. Keterampilan proses sains siswa yang terbentuk pada pembelajaran remedial menggunakan media TIK simulasi dapat dikategorikan cukup baik yakni dengan rata-rata nilai sebesar 2,0. Sedangkan karakter siswa yang terbentuk dapat dikategorikan baik dengan rata-rata nilai 3,0. Saat pembelajaran remedial berlangsung, siswa terlihat aktif dengan nilai rata-rata aktivitas sebesar 8,3. Selain itu, siswa menunjukkan sikap positif terhadap pembelajaran remedial menggunakan media TIK simulasi. Kata kunci : Media TIK simulasi, remedial, hasil belajar, keterampilan proses sains, karakter, aktivitas, sikap siswa.} }