%0 Journal Article %A 0613024005, ANI PUJI RAHAYU %D 2012 %F eprints:17088 %J Digitallibrary %T PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK KANCING GEMERINCING TERHADAP AKTIVITAS SISWA DAN PENGUASAAN MATERI POKOK SISTEM PERNAPASAN PADA MANUSIA %U http://digilib.unila.ac.id/17088/ %X ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK KANCING GEMERINCING TERHADAP AKTIVITAS SISWA DAN PENGUASAAN MATERI POKOK SISTEM PERNAPASAN PADA MANUSIA (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Padangcermin Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2011/2012) Oleh ANI PUJI RAHAYU Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) adanya pengaruh dari penggunaan model pembelajaran kooperatif teknik kancing gemerincing terhadap peninkatan aktivitas belajar siswa kelas VIII pada materi pokok sistem pernapasan pada manusia di SMP Negeri 1 Padangcermin; (2) adanya pengaruh dari penggunaan model pembelajaran kooperatif teknik kancing gemerincing terhadap peningkatan penguasaan materi siswa kelas VIII pada materi pokok sistem pernapasan pada manusia di SMP Negeri 1 Padangcermin. Desain penelitian ini adalah pretes-postes kelompok tak ekuivalen. Sampel pada penelitian adalah siswa kelas VIII G dan VIII H yang dipilih secara acak dengan teknik clusster random sampling. Data penelitian berupa data kuantitatif yaitu penguasaan materi yang diperoleh dari pretes dan postes. Data kualitatif yaitu aktivitas siswa yang diperoleh dari lembar observasi. Analisis data kuantitatif menggunakan uji-t pada taraf kepercayaan 5% dan data kualitatif menggunakan persentase aktivitas siswa dengan menghitung rata-rata skor aktivitas siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata N-gain siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif teknik kancing gemerincing (54,06) lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata N-gain siswa pada kelas kontrol yang menggunakan metode diskusi (32,30). Dengan demikian penggunaan model pembelajaran teknik kancing gemerincing berpengaruh nyata terhadap peningkatan penguasaan materi pokok sistem pernapasan pada manusia. Selanjutnya aktivitas belajar siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif teknik kancing gemerincing dengan rata-rata (82,03) juga lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan motode diskusi dengan rata-rata (74,37). Dengan demikian penggunaan model pembelajaran kooperatif teknik kancing gemerincing berpengaruh nyata terhadap peningkatan aktivitas siswa pada materi pokok sistem pernapasan pada manusia. Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Kancing Gemerincing, Penguasaan materi, Aktivitas siswa.