TY - JOUR ID - eprints17090 UR - http://digilib.unila.ac.id/17090/ A1 - 0713053015, DEVI NIRWANA SIANTURI Y1 - 2012/02/02/ N2 - Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya kualitas pembelajaran Matematika siswa kelas IV B SDN 1 Metro Barat, yang berkaitan dengan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, dalam pembelajaran Matematika melalui penggunaan metode latihan dilengkapi dengan alat peraga pada materi Geometri. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research yang difokuskan pada situasi kelas. Penelitian ini berlangsung dengan tiga siklus, yaitu siklus I, siklus II, siklus III. Teknik pengumpulan data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Alat pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan tes hasil belajar. Analisis data dalam penelitian ini bersifat kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode latihan dilengkapi dengan alat peraga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas IV B SDN 1 Metro Barat. Hal ini dapat dilihat dari persentase rata-rata aktivitas guru pada siklus I (66,20), siklus II (73,44), dan siklus III (77,58) lalu persentase rata-rata aktivitas siswa pada siklus I (55,23), siklus II (75,02), dan siklus III (85,03) sementara persentase rata-rata nilai hasil belajar siswa pada siklus I (5,64), siklus II (7,73), dan siklus III (8,00). Penggunaan Metode Latihan Dilengkapi dengan Alat Peraga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Kata kunci: aktivitas, hasil belajar Matematika, metode latihan dan alat peraga. JF - Digital Library TI - PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE LATIHAN DILENGKAPI DENGAN ALAT PERAGA PADA SISWA KELAS IVB SDN 1 METRO BARAT TAHUN PELAJARAN 2010/2011 AV - restricted ER -