%A Wagimun 1013113015 %J Digital Library %T UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS EKONOMI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI KELAS VIII D SEMESTER GENAP SMP NEGERI 3 GADINGREJO KABUPATEN PRINGSEWU TAHUN PELAJARAN 2011/2012 %X Keberhasilan proses pembelajaran IPS ekonomi dapat dilihat dari kemandirian belajar siswa itu sendiri. Proses pembelajaran IPS ekonomi di kelas VIII-D SMP Negeri 3 Gadingrejo belum mencapai hasil yang memuaskan, terlihat dari rata-rata Ulangan Harian I,IIdan III siswa kelas VIII-D belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal. Hal ini dikarenakan siswa kurang mandiri dalam pembelajaran dan selalu bergantung kepada guru. Di samping itu, guru sebagai pendidik masih menggunakan metode konvensional dan belum menggunakan model pembelajaran yang bervariasi. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, perlu adanya upaya yang dilakukan guru untuk menciptakan suasana pembelajaran yang membuat siswa dapat mandiri dalam pembelajaran sehingga berdampak pada hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus dengan menggunakan pembelajaran yang digunakan adalah pembelajaran Cooperatif tipe Jigsaw. Yaitu dengan memberikan metode pembelajaran baru dimana para siswa membentuk kelompok asal dan kemudian mendelegasikan wakilnya ke dalam kelompok ahli untuk mendiskusikan masing ? masing sub pokok bahasan. Kemudian anggota kelompok ahli kembali kepada kelompok asal untuk menyampaikan hasil diskusi yang dilaksanakan dalam kelompok ahli. Penilaian keaktivan siswa dilakukan oleh seorang observer teman sejawat, sedangkan untuk mengukur penguasaan materi siswa dilaksanakan tes formatif pada akhir siklus. Hasil analisis data menunjukan perbandingan antara hasil dari siklus I, siklus II, dan siklus III didapatkan score keaktifan 24 ; 88; dan 97. Hal ini berbanding searah dengan hasil belajar siswa dimana presentase ketuntasan belajar siswa sebesar 21% pada siklus 1, 73% pada siklus II, dan 85% pada sisklus III. Dengan demikian dapat disimpulkan implementasi dengan pembelajaran Cooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. %D 2012 %L eprints17098