@article{eprints17099, month = {Januari}, title = {PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW PADA MATA PELAJARAN PKn DI KELAS IV SDN 1 BALEKENCONO KECAMATAN BATANGHARI KABUPATEN LAMPUNG TIMUR TAHUN PELAJARAN 2010/2011 }, author = {Eka Amna Dewi 0713053024}, year = {2012}, journal = {Digital Library}, url = {http://digilib.unila.ac.id/17099/}, abstract = {Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) siswa kelas IV SDN 1 Balekencono kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur. Untuk mengoptimalkan aktivitas dan hasil belajar PKn siswa kelas IV tersebut, maka penelitian ini menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw sebagai salah satu alternatif pembelajaran yang mampu membuat siswa berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran melalui penggunaan model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw pada materi globalisasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) atau lazim dikenal dengan Classroom Action Research, penelitian ini terdiri dari tiga siklus, masing-masing siklus dilakukan melalui 4 tahapan, yaitu: 1. perencanaan, 2. tindakan, 3. observasi dan analisis, 4. refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Alat pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, tes hasil belajar, angket, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini bersifat kualitatif dan kuantitatif. Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw dalam proses pembelajaran PKn siswa kelas IV Balekencono kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar, hal ini dapat dilihat dari presentase rata-rata aktivitas belajar siswa antara siklus I (65,33\%), siklus II (78,58\%), dan siklus III (87,87\%). Sedangkan rata-rata hasil belajar siswa juga meningkat dari siklus I (61,02), siklus II (62,94), dan siklus III (74,26). Kata kunci : aktivitas, hasil belajar, dan cooperative learning tipe jigsaw. } }