%A FATONI LATIF 0613024024 %J Digital Library %T ABSTRAK Efektivitas Media Komik Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Devisions) Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Penguasaan Materi Ciri-Ciri Makhluk Hidup Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 24 Bandar Lampung %X ABSTRAK Efektivitas Media Komik Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Devisions) Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Penguasaan Materi Ciri-Ciri Makhluk Hidup Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 24 Bandar Lampung Oleh FATONI LATIF Penggunaan metode dan media pembelajaran oleh guru SMP Negeri 24 Bandar Lampung belum dapat menciptakan keaktifan siswa dan ternyata berpengaruh terhadap rendahnya penguasaan materinya. Oleh sebab itu dalam penelitian ini digunakan media komik yang dipadukan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Devisions). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media komik dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap aktivitas dan penguasaan materi ciri-ciri mahluk hidup. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VII D sebagai kelas eksperimen dan kelas VII F sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain pretest-postest control group design. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan media komik yang dipadukan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, sedangkan kelas kontrol menggunakan media gambar yang diterapkan dengan metode diskusi. Hasil pretest dan postest pada kedua kelas dibandingkan. Data penelitian adalah data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif berupa nilai penguasaan materi yang diperoleh dari pretest dan postest, kemudian nilai tersebut dihitung selisihnya menjadi N-gain. Selanjutnya data dianalisis menggunakan uji t1 dan t2 pada taraf kepercayaan 5% dengan menggunakan program SPSS 17. Sedangkan data kualitatif berupa data aktivitas siswa yang diperoleh dari penskoran aktivitas siswa selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Rata-rata N-gain yang diperoleh dari kelas eksperimen adalah 53,77 sedangkan kelas kontrol adalah 39,58 (2) Rata-rata persentase aktivitas siswa pada kelas eksperimen yaitu 75,76% sedangkan kelas kontrol adalah 68,27 %. Dengan demikian berarti penggunaan media komik dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD efektif dalam meningkatkan aktivitas dan penguasaan materi. Kesimpulan penelitian ini adalah : 1) Penggunaan media komik dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD efektif dalam meningkatkan penguasaan materi siswa pada Materi Pokok Ciri-Ciri Makhluk Hidup; 2) Penggunaan media komik dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD efektif dalam meningkatkan aktivitas siswa pada Materi Pokok Ciri-Ciri Makhluk Hidup. Kata kunci : media komik, Student Teams Achievement Divisions (STAD), penguasaan materi, aktivitas siswa, dan ciri-ciri makhluk hidup. %D 2012 %L eprints17102