%0 Journal Article %A 0713053028, Evi Febriana %D 2012 %F eprints:17103 %J Digital Library %T PENGGUNAAN MEDIA TIGA DIMENSI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG PADA SISWA KELAS VA SD NEGERI 2 METRO PUSAT TAHUN PELAJARAN 2011/2012 %U http://digilib.unila.ac.id/17103/ %X Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar matematika pada siswa kelas VA SD Negeri 2 Metro Pusat. Tujuan penelitian untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VA SD Negeri 2 Metro Pusat pada pembelajaran matematika materi bangun ruang dengan menggunakan media tiga dimensi. Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan melalui tiga siklus. Masing-masing siklus dilaksanakan melalui empat tahapan, yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data penelitian diperoleh dengan cara observasi dan tes, observasi untuk mengetahui tingkat kinerja guru dan aktivitas siswa, sedangkan tes berupa soal-soal tes untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Selanjutnya data dianalisis dengan cara analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa, melalui kolaborasi penggunaan media tiga dimensi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas VA SD Negeri 2 Metro Pusat. Aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran terlihat semakin meningkat, pada siklus I adalah 53,33%, siklus II 56,87%, dan pada siklus III 92,67%. Hasil rekapitulasi peningkatan terhitung, (1) dari siklus I ke siklus II meningkat (3,54%) dan (2) dari siklus II ke siklus III meningkat (35,73%). Begitu pula dengan hasil belajar matematika siswa meningkat pada tiap siklusnya, pada siklus I, siklus II, dan siklus III, dan rata-rata hasil belajar dari siklus I sebesar 66,25, siklus II sebesar 77,08 sedangkan pada siklus III sebesar 93,12, terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II (10,83%), sedangkan pada siklus II ke siklus III terdapat peningkatan sebesar (16,04%). Kata kunci : media tiga dimensi, aktivitas, hasil belajar, bangun ruang.