%0 Journal Article %A 0613024051, UMMU KHOIRIYAH %D 2012 %F eprints:17106 %J Digital Library %T EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA %U http://digilib.unila.ac.id/17106/ %X ABSTRAK EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA (Studi eksperimen pada Materi Pokok Sistem Peredaran Darah kelas XI SMA Negeri 4 Metro tahun pelajaran 2011/2012) Oleh UMMU KHOIRIYAH Keterampilan proses sains siswa pada materi pokok Sistem Peredaran Darah di kelas XI IPA2 dan XI IPA4 SMA Negeri 4 belum tercapai secara maksimal. Hal ini karena pembelajaran masih terpusat pada guru. Untuk mengatasi masalah tersebut maka telah diadakan penelitian dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan pembelajaran PBL terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi sistem peredaran darah. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPA2 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA4 sebagai kelas kontrol yang dipilih secara acak dengan teknik clusster random sampling. Desain penelitian ini adalah pretes-postes kelompok non ekuivalen. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif yang diperoleh dari nilai pretes, postes dan N-gain. Analisis data menggunakan uji t dengan menggunakan program SPSS 16. Data kualitatif yaitu aktivitas belajar siswa yang diperoleh dari lembar observasi dan dianalisis secara deskriptif dalam bentuk persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan rata-rata N-gain keterampilan proses sains siswa kelas eksperimen 62,23 lebih tinggi dibanding kelas kontrol 41,03. Hal ini berarti bahwa model PBL lebih efektif dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa dibandingkan dengan kelas yang pembelajarannya menggunakan diskusi. Indikator mengamati merupakan indikator tertinggi yang dicapai siswa pada kelas yang menggunakan model PBL. Rata-rata persentase aktivitas belajar siswa yang menggunakan model PBL lebih tinggi dibandingkan dengan yang menggunakan metode diskusi. Hal ini berarti penerapan model PBL lebih efektif dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa dibandingkan dengan menggunakan diskusi. Aspek bertanya dan melakukan kegiatan diskusi merupakan aktivitas tertinggi yang dilakukan siswa pada kelas yang menggunakan model PBL. Kata kunci : Model pembelajaran PBL, keterampilan proses sains siswa, aktivitas siswa EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA (Studi Eksperimen pada Materi Pokok Sistem Peredaran Darah kelas XI SMA Negeri 4 Metro tahun pelajaran 2011/2012) (Skripsi) Oleh : UMMU KHOIRIYAH Skripsi Sebagai Salah Satu Syarat untuk Mencapai Gelar SARJANA PENDIDIKAN pada Program Studi Pendidikan Biologi Jurusan Pendidikan MIPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan PENDIDIKAN BIOLOGI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS LAMPUNG BANDAR LAMPUNG 2012