TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints1711 UR - http://digilib.unila.ac.id/1711/ A1 - , Ria Herpiana Y1 - 2013/09/23/ N2 - IPA fisika merupakan salah satu pelajaran yang tidak bisa ditransfer begitu saja dari pikiran guru ke siswa. Oleh karena itu, sampai saat ini IPA fisika masih dianggap sulit, dari anggapan tersebut akan mempengaruhi keterampilan metakognisi dan motivasi belajar dari dalam diri siswa dan akan berdampak pada rendahnya hasil belajar IPA fisika siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Pengaruh keterampilan metakognisi terhadap hasil belajar IPA fisika siswa yang pembelajarannya menggunakan metode discovery. (2) Pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar IPA fisika siswa yang pembelajarannya menggunakan metode discovery. (3) Pengaruh keterampilan metakognisi dan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPA fisika siswa yang pembelajarannya menggunakan metode discovery. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 8 Bandar Lampung pada semester genap Tahun Ajaran 2012/2013, sedangkan sampel yang diambil yaitu kelas VIIIB. Pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sampling. Penelitian ini menggunakan desain one-shot case study. Data keterampilan metakognisi, motivasi belajar, dan Ria Herpiana hasil belajar siswa diperoleh dari nilai angket, dan hasil posttest. Pengaruh keterampilan metakognisi dan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPA fisika siswa yang pembelajarannya menggunakan metode discovery dianalisis dengan menggunakan regresi berganda. Hasil analisis data dalam bentuk persamaan regresinya: (1) pengaruh keterampilan metakognisi terhadap hasil belajar Y = 49,42 + 0,30 X1 dengan nilai sig sebesar 0,01; (2) pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar Y = 1,29 + 0,95 X2 dengan nilai sig sebesar 0,00; (3) pengaruh keterampilan metakognisi dan motivasi belajar terhadap hasil belajar Y = 2,29 + 0,18X1 + 0,79X2 dengan nilai sig sebesar 0,00. Sehingga diperoleh kesimpulan: (1) Terdapat pengaruh keterampilan metakognisi terhadap hasil belajar IPA fisika siswa yang pembelajarannya menggunakan metode discovery sebesar 15%. (2) Terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar IPA fisika siswa yang pembelajarannya menggunakan metode discovery sebesar 27%. (3) Terdapat pengaruh keterampilan metakognisi dan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPA fisika siswa yang pembelajarannya menggunakan metode discovery sebesar 32%. Kata kunci: keterampilan metakognisi, motivasi belajar, hasil belajar, metode pembelajaran discovery PB - Fakultas KIP TI - PENGARUH KETERAMPILAN METAKOGNISI DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY AV - restricted ER -