%A OKTA KURNIAWAN 0413051045 %J Digital Library %T PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KLASIKAL TERHADAP KETERAMPILAN SHOOTING BOLA BASKET PADA SISWA KELAS VII SMPN 19 BANDAR LAMPUNG %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan model pembelajaran konstruktivisme dengan model pembelajaran klasikal terhadap keterampilan shooting bola basket pada siswa kelas VII SMP Negeri 19 Bandar Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode ekperimen dengan pre tes (tes awal) dan past tes (tes akhir), sampel yang digunakan sebanyak 32 orang siswa dari populasi 216 orang siswa yang dibagi menjadi dua kelompok, pembagian kelompok berdasarkan ?Proposional Ordinal Pairing?. Sedangkan instrument atau alat yang digunakan dalam pengukuran keterampilan shooting menggunakan tes kecakapan Johnson basketball Tes (Field Goal Speed Test). Distribusi sampel di uji dengan menggunakan uji normalitas Liliefors dan keragaman sampel di uji dengan uji homogenitas. Teknik analisis data yang dipergunakan untuk menguji hipotesis adalah uji t pada taraf signifikan 0,05. Berdasarkan hasil perhitungan post-test terdapat perbedaan keterampilan shooting pada taraf nyata atau pada taraf kepercayaan 95%. Penggunaan model pembelajaran konstruktivisme lebih baik peningkatannya dibandingkan dengan model pembelajaran klasikal terhadap keterampilan shooting bola basket pada siswa kelas VII SMP Negeri 19 Bandar Lampung. %D 2011 %L eprints17117