title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATERI POKOK PROTISTA (StudiEksperimensemuPadaSiswaKelasX SMAGajah Mada Bandar LampungSemester Ganjil tahun Pelajaran 2010/2011) Oleh ANISA CHANDRA NURAINI creator: 0643024010 , ANISA CHANDRA NURAINI subject: description: ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATERI POKOK PROTISTA (StudiEksperimensemuPadaSiswaKelasX SMAGajah Mada Bandar LampungSemester Ganjil tahun Pelajaran 2010/2011) Oleh ANISA CHANDRA NURAINI Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajarankooperatiftipe TAI terhadapprestasibelajarsiswapadamateri pokok protista, danmengetahu rata-rata prestasi belajar siswa yang lebih tinggi antara model pembelajaran tipe TAI dengan model DI pada materi pokok protistadi SMA Gajah Mada Bandar Lampung. Desaininipenelitianadalahpretes-postes takekuivalen.Sampel pada penelitian adalah siswa kelas X3sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X5sebagai kelaskontrol,yang dipilih teknik clusster random sampling. Data penelitian berupa data kuantitatif yaitu prestasi belajaraspekkognitifyang diperoleh dari nilaipretesdanpostes. N-Gaindaripretesdanposteskemudiandilakukanujinormalitasdanhomogenitas yang selanjutnya di uji-t pada taraf kepercayaan5% dengan menggunakan program SPSS 17. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata prestasibelajaraspekkognitifsiswadengan model pembelajarankooperatiftipe TAI dengannilai (Pretes 33,68), (Postes 76,18) dan( N- Gain 64,33)lebihtinggidibandingmodel pembelajaran DI dengannilai (Pretes 30,5), (Postes 67)dan(N- Gain 52,39). Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwamodelpembelajarankooperatiftipe TAI berpengaruhterhadap prestasibelajar aspek kognitif siswapadamateripokok Protista, dan rata-rata prestasi belajar aspek kognitif siswa dengan model pembelajaran TAI lebih tinggi dari pada model pembelajaran DIdi SMA Gajah Mada Bandar Lampung. Kata kunci :pembelajarankooperatiftipe TAI, protista, prestasibelajar date: 2012-11-17 type: Artikel type: PeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/17122/1/abstrak.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/17122/2/cover%201.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/17122/3/cv.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/17122/4/daftar%20isi.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/17122/5/motto.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/17122/6/pengesahan.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/17122/7/pernyataan.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/17122/8/persembahan.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/17122/9/persetujuan.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/17122/10/sanwacana.pdf identifier: 0643024010 , ANISA CHANDRA NURAINI (2012) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATERI POKOK PROTISTA (StudiEksperimensemuPadaSiswaKelasX SMAGajah Mada Bandar LampungSemester Ganjil tahun Pelajaran 2010/2011) Oleh ANISA CHANDRA NURAINI. Digital Library. relation: http://digilib.unila.ac.id/17122/