TY - JOUR ID - eprints17128 UR - http://digilib.unila.ac.id/17128/ A1 - 0713053052, Sihol Marito Boru Gultom N2 - Proses pembelajaran sains di kelas VA SD Negeri 01 Metro Timur kurang bervariasi dalam menggunakan berbagai pendekatan dan metode pembelajaran. Pada awal pembelajaran guru belum memunculkan masalah agar siswa berpikir tetapi langsung menerangkan materi pelajaran dengan berceramah. Guru hanya mengandalkan satu sumber buku sebagai bahan ajar. Beberapa siswa mengobrol dengan temannya, ijin keluar-masuk kelas, mengantuk dan tidak menghiraukan guru mengajar. Aktivitas dan hasil belajar siswa pun rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui pendekatan inkuiri. Jika pembelajaran sains menggunakan pendekatan inkuiri dengan langkah-langkah yang tepat maka dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes dan non tes. Alat pengumpulan data berupa lembar observasi dan instrumen soal. Analisis data dilakukan dengan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian adalah guru dan siswa dengan jumlah siswa 27 orang sedangkan objek yang diamati adalah aktivitas dan hasil belajar siswa serta kinerja guru dalam menerapkan pendekatan inkuiri. Hasil penelitian dengan menerapkan pendekatan inkuiri dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Persentase aktivitas siswa siklus I mencapai 51,85% (cukup aktif) dan siklus II 77,78% (aktif). Hasil belajar siswa siklus I mencapai ketuntasan 74,07% dan siklus II 92,59%. Kinerja guru pada siklus I mencapai 65,44 (baik) dan siklus II 82,35 (sangat baik). Kata kunci: pendekatan inkuiri, aktivitas, dan hasil belajar. JF - Digital Library TI - PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MELALUI PENDEKATAN INKUIRI MATA PELAJARAN SAINS PADA SISWA KELAS VA SEKOLAH DASAR NEGERI 1 METRO TIMUR AV - restricted ER -