title: PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IVA SD NEGERI 11 creator: 0713053053, Siti Karomah subject: description: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika. Penelitian ini dilakukan untuk perbaikan pembelajaran dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IVA SD Negeri 11 Metro Pusat pada pembelajaran matematika materi bangun ruang dengan pendekatan kontekstual. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas yang fokus pada situasi kelas. Pendekatan ini dipilih karena penelitian ini menuntut kajian dan tindakan secara reflektif, kolaborasi, dan partisipasi berdasarkan situasi alamiah yang terjadi dalam pelaksanaan pembelajaran. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran, dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas IVA SD Negeri 11 Metro Pusat. Hasil pengamatan terhadap aktivitas siswa terlihat, terjadi peningkatan disetiap siklusnya yaitu rata-rata siklus II meningkat dari nilai siklus I yaitu 47,10% menjadi 54,25% dan nilai rata-rata siklus III meningkat menjadi 61,94%. Hasil belajar matematika meningkat tiap siklusnya. Nilai rata-rata siklus II meningkat dari nilai siklus I yaitu 65.71 menjadi 69.86 dan siklus III meningkat menjadi 79.04. Berdasar hasil temuan, disarankan pada guru hendaknya menggunakan pendekatan kontekstual agar aktivitas dan hasil belajar siswa meningkat. Kata kunci : Pendekatan kontekstual, aktivitas, hasil belajar. date: 2012-01-31 type: Artikel type: PeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/17132/1/Bab%20II.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/17132/2/Bab%20III.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/17132/3/Bab%20IV.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/17132/4/BAB%20V.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/17132/5/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/17132/6/1-Kover%20depan.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/17132/7/2-Abstrak.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/17132/7/3-Kover%20Dalam.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/17132/8/4-Lembar%20Persetujuan.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/17132/8/5-Lembar%20Mengesahkan.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/17132/9/6-Pernyataan.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/17132/10/7-Motto.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/17132/11/8-Riwayat%20Hidup.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/17132/12/9-Persembahan.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/17132/13/10-Sanwacana.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/17132/14/11-DAFTAR%20GAMBAR.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/17132/15/11-DAFTAR%20ISI.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/17132/16/11-DAFTAR%20TABEL.pdf identifier: 0713053053, Siti Karomah (2012) PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IVA SD NEGERI 11. Digital Library. relation: http://digilib.unila.ac.id/17132/