%0 Journal Article %A 0413024047, ULY ANDRESIA %D 2016 %F eprints:17190 %J Digilib Library %T PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM GERAK PADA MANUSIA %U http://digilib.unila.ac.id/17190/ %X Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Snowball Throwing terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Sistem Gerak Manusia. Desain penelitian adalah tes awal tes akhir ekuivalen. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII A acak dengan teknik clusster random sampling. dan VIII B yang dipilih secara Data penelitian diperoleh dari tes awal dan tes akhir ( aspek kognitif) dan data (Aspek afektif) siswa diambil dengan menggunakan lembar observasi. Analisis data menggunakan uji–t pada taraf kepercayan 5% dengan menggunakan program SPSS 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar (aspek kognitif dan aspek afektif) siswa yang menggunakan model pembelajaran Snawball Throwing dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Direct Intruction pada materi pokok sistem gerak manusia. ii (2) hasil belajar siswa pada aspek kognitif yang menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing (N-gain 62,03) lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Direct Intruction (N-gain 46,22). (3) rata-rata hasil belajar afektif yang menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing ( 81,42) lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang meggunakan model pembelajaran Direct Intruction ( 76,51).