@article{eprints17198, month = {Januari}, title = {PENGARUH INTEGRASI AYAT-AYAT AL-QURAN DALAM KONSEP PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN HEWAN TERHADAP HASIL BELAJAR ASPEK AFEKTIF SISWA }, author = {HARTATI 0513024027}, year = {2016}, journal = {Digilib Library}, url = {http://digilib.unila.ac.id/17198/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh integrasi ayat-ayat Al-Quran dalam konsep pertumbuhan dan perkembangan hewan terhadap hasil belajar aspek afektif siswa kelas VIII SMP 11 Maret Sumberagung tahun pelajaran 2010/2011. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas yaitu kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan VIII D sebagai kelas kontrol yang diambil dengan teknik Cluster Random Sampling. Data penelitian berupa data kualitatif yang diambil dari angket awal dan angket akhir, serta untuk menguji hipotesis digunakan analisis non parametrik berupa uji tanda. Berdasarkan hasil uji tanda di kelas eksperimen pada keseluruhan aspek afektif menunjukan bahwa {\ensuremath{\chi}} afektif yaitu aspek konsep diri {\ensuremath{\chi}} {\ensuremath{\chi}} {\ensuremath{\chi}} 2 hit (16,96) 2 tabel (3,84) ? {\ensuremath{\chi}} 2 tabel, (3,84) 2 hit (28,03) , aspek moral {\ensuremath{\chi}} , dan aspek sikap {\ensuremath{\chi}} ? {\ensuremath{\chi}} 2 hit ( 26,03 ) 2 hit ( 26,03 ) 2 tabel (3,84) ? {\ensuremath{\chi}} 2 hit ( 22,15 ) ? {\ensuremath{\chi}} , dan pada masing-masing aspek 2 tabel (3,84) ? {\ensuremath{\chi}} 2 tabel (3,84) , aspek minat 2 tabel (3,84) , aspek nilai {\ensuremath{\chi}} . Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa integrasi ayat-ayat Al-Quran dalam konsep pertumbuhan ii 2 hit ( 16,96 ) ? Hartati dan perkembangan hewan berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar aspek afektif siswa.} }