%A GUSTI WAHYUNING SARI 0743023022 %J Digital Library %T EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 3E PADA MATERI HUKUM - HUKUM DASAR KIMIA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN INFERENSI DAN PENGUASAAN KONSEP %X Penelitian ini dilatarbelakangi dari metode pembelajaran yang sering diterapkan guru mata pelajaran kimia kelas X di SMA Negeri 4 Bandar Lampung, berupa metode ceramah dan latihan soal. Kurangnya keterlibatan siswa di dalam pembelajaran kimia, menyebabkan keterampilan proses sains siswa tidak berkembang dan pemahaman mereka terhadap konsep-konsep kimia pun dapat dikatakan kurang. Oleh karena itu, peneliti merancang pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Learning Cycle 3E dalam meningkatkan keterampilan inferensi dan penguasaan konsep siswa Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh model yang efektif dalam meningkatkan keterampilan inferensi dan penguasaan konsep pada materi hukumhukum dasar kimia. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMA Negeri 4 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2011/2012. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling, berdasarkan teknik ini diperoleh kelas ii X3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X5 sebagai kelas kontrol. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen yang menggunakan Nonequivalent Control Group Design. Sumber data dalam penelitian ini, diperoleh dari hasil pretest dan posttest. Analisis data ditempuh dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dua varians dan uji-t. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kelas eksperimen yang diterapkan dengan pembelajaran Learning Cycle 3E memiliki rata-rata nilai N-gain keterampilan inferensi dan penguasaan konsep yang lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang diterapkan dengan pembelajaran konvensional. Maka dapat disimpulkan bahwa, pembelajaran Learning Cycle 3E lebih efektif dalam meningkatkan keterampilan inferensi dan penguasaan konsep pada materi hukum-hukum dasar kimia daripada pembelajaran konvensional Kata kunci : pembelajaran Learning Cycle 3E, keterampilan inferensi, penguasaan konsep %D 2012 %L eprints17211