title: PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF (MMI) TUTORIAL DALAM PEMBELAJARAN MATERI OPTIKA GEOMETRI creator: , Ernisa Pratiwi subject: L Education (General) = Pendidikan subject: LB Theory and practice of education subject: QC Physics description: Data hasil observasi analisis kebutuhan di SMAN 1 Bandar Lampung menunjukkan bahwa sulitnya siswa kelas X memahami materi optika geometri jika disampaikan dengan verbalisasi yang hanya didukung oleh buku paket dan LKS. Guru merasa kesulitan dalam menjelaskan konsep-konsep pada materi tersebut dan minimnya kegiatan praktikum. Mempertimbangkan masalah-masalah tersebut, maka peneliti mengembangkan multimedia interaktif tutorial yang berisi materi, latihan soal beserta kunci jawabannya, dan uji kompetensi yang dilengkapi dengan perekaman nilai untuk setiap jawaban benar. Metode pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini memodifikasi model pengembangan yang meliputi tujuh prosedur pengembangan menurut Sadiman,dkk sebagai acuan, yaitu: analisis kebutuhan, merumuskan tujuan pembelajaran, merumuskan butir-butir materi, menyusun instrumen evaluasi, menyusun naskah media berupa spesifikasi pengembangan produk, melakukan validasi ahli yang dilakukan oleh ahli dalam bidang fisika dan teknologi pendidikan, uji coba yang terdiri dari uji coba satu lawan satu dan uji lapangan Ernisa Pratiwi ii yang dilakukan terhadap siswa kelas X.5 dan X.6 SMAN 1 Bandar Lampung Tahun 2012/2013 sebagai pengguna, dan produk akhir berupa multimedia interaktif tutorial. Hasil uji ahli menunjukkan multimedia yang dikembangkan telah sesuai dengan teori dan layak digunakan sebagai media pembelajaran. Hasil uji satu lawan satu memperlihatkan bahwa siswa dapat mempelajari media dengan baik. Hasil uji lapangan menunjukkan kualitas multimedia menarik, sangat mudah digunakan, dan sangat bermanfaat serta efektif digunakan sebagai multimedia interaktif tutorial materi optika geometri. Jadi, dapat disimpulkan bahwa dihasilkan multimedia interaktif tutorial materi optika geometri yang berisi materi, latihan soal beserta kunci jawabannya, dan uji kompetensi yang dilengkapi dengan perekaman nilai untuk setiap jawaban benar, dan telah teruji sesuai teori dengan kualitas: menarik, sangat mudah digunakan, dan sangat bermanfaat dan dinyatakan efektif digunakan sebagai multimedia dalam pembelajaran. Kata kunci: penelitian pengembangan, multimedia interaktif, optika geometri. publisher: Fakultas KIP date: 2013-09-23 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1722/1/2.%20Cover%20Dalam.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1722/2/1.%20Abstrak.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1722/3/3.%20Persetujuan.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1722/4/4.%20Pengesahan.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1722/5/5.%20Pernyataan.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1722/6/10.%20Daftar%20Isi.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1722/7/Bab%201.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1722/8/Bab%202.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1722/9/Bab%203.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1722/11/Bab%204.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1722/10/Bab%205.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1722/12/Daftar%20Pustaka.pdf format: archive identifier: http://digilib.unila.ac.id/1722/13/LAMPIRAN.zip identifier: , Ernisa Pratiwi (2013) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF (MMI) TUTORIAL DALAM PEMBELAJARAN MATERI OPTIKA GEOMETRI. Fakultas KIP, Universitas Lampung. relation: http://digilib.unila.ac.id/1722/