title: PERBANDINGAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA ANTARA METODE BERMAIN PERAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN MULTIPLE REPRESENTATIONS (MR) GESTURE DENGAN METODE DEMONSTRASI creator: , Hafidhuddin Zarkasi subject: L Education (General) = Pendidikan subject: LB Theory and practice of education subject: QC Physics description: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan rata-rata hasil belajar fisika siswa antara metode pembelajaran bermain peran menggunakan pendekatan MR Gesture dengan metode pembelajaran demonstrasi. Penelitian ini telah dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2012/2013 di SMPN 1 Bandarsrihawono dan sampelnya adalah kelas VII 1 (kelas Eksperimen 1) dan VII 2 (Kelas Eksperimen 2) yang berjumlah 62 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan cara Purposive Sampling. Desain penelitian ini adalah One-Shot Case Study. Data hasil belajar diperoleh dari nilai rata-rata tes hasil belajar. Data dianalisis menggunakan independent sample t test. Hasil analisis data dengan rata-rata nilai hasil belajar dapat diketahui bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen 1 sebesar 69, sedangkan kelas eksperimen 2 sebesar 65, Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa ada perbedaan rata-rata hasil belajar fisika siswa Hafidhuddin Zarkasi iii antara metode pembelajaran bermain peran menggunakan pendekatan MR Gesture (kelas eksperimen 1) dengan metode pembelajaran demonstrasi (kelas eksperimen 2) Kata kunci: Bermain Peran, MR Gesture, Demonstrasi dan Hasil Belajar publisher: Fakultas KIP date: 2013-09-23 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1724/1/3.%20Cover%20Dalam.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1724/2/2.%20Abstrak.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1724/3/4.%20Menyetujui.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1724/4/5.%20Mengesahkan.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1724/5/6.%20Surat%20Pernyataan.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1724/6/11.Daftar%20Isi.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1724/7/BAB%20I.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1724/8/BAB%20II.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1724/9/BAB%20III.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1724/10/BAB%20IV.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1724/11/BAB%20V.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1724/12/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf format: archive identifier: http://digilib.unila.ac.id/1724/13/3.%20Lampiran.zip identifier: , Hafidhuddin Zarkasi (2013) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA ANTARA METODE BERMAIN PERAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN MULTIPLE REPRESENTATIONS (MR) GESTURE DENGAN METODE DEMONSTRASI. Fakultas KIP, Universitas Lampung. relation: http://digilib.unila.ac.id/1724/