%0 Journal Article %A 1013101002, Susanto %D 2012 %F eprints:17245 %J Digital Library %T PRENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA FISIKA %U http://digilib.unila.ac.id/17245/ %X Abstrak Rendahnya hasil belajar fisika siswa kelas VII2 SMPN 1 Kedondong disebabkan oleh kurangnya minat belajar siswa. Pembelajaran yang monoton atau yang hanya menggunakan metode ceramah di kelas, siswa tidak dilibatkan secara aktif dalam kegiatan pembelajaran membuat siswa kurang menyukai pelajaran fisika. Dengan diterapkannya model pembelajaran berbasis masalah dapat memberikan pengalaman bagi siswa agar dapat benar-benar memahami materi yang diberikan karena siswa benar-benar mengalami proses belajar melalui tahapan pembelajaran berbasis masalah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan cara meningkatkan aktivitas belajar fisika siswa, dan mengetahui peningkatan hasil belajar fisika siswa kelas VII2 SMPN 1 Kedondong Tahun Pelajaran 201 1/2012. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diketahui bahwa aktivitas belajar siswa dapat ditingkatkan menggunakan pembelajaran berbasis masalah dengan cara memberi kesempatan kepada siswa melalui eksperimen dan mempresentasikan hasil eksperimen, dan guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan Susanto berkaitan dengan topik pembelajaran yang disampaikan untuk meningkatakan hasil belajar. Guru menyampaikan langkah-langkah pembelajaran berbasis masalah. Pada saat siswa mengerjakan LKK guru selalu membimbing siswa dalam merumuskan masalah, menelaah masaalah, dan merumuskan hipotesis. Kemudian guru meminta siswa untuk mengumpulkan dan mengelompokkan data. Melalui data tersebut siswa dapat membuktikan hipotesis dan siswa menentukan penyelesaian atas permasalahan yang diberikan. Kemudian siswa menyimpulkan hasil pengamatannya dan mempresentasikannya di depan kelas. Kata Kunci: Aktivitas, hasil belajar, pembelajaran berbasis masalah.