%0 Generic %A , Khairul Anam %C Universitas Lampung %D 2013 %F eprints:1725 %I Fakultas KIP %T PENGARUH KETERAMPILAN METAKOGNISI TERHADAP HASILBELAJAR DAN SIKAP SISWA MELALUI METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY %U http://digilib.unila.ac.id/1725/ %X Pembelajaran yang berpusat pada guru cenderung kurang berhasil. Hasil belajar yang dicapai siswa rendah, serta sikap siswa selama pembelajaran cenderung monoton. Perlunya keterampilan metakognisi pada proses pembelajaran, yang dikemas dalam metode pembelajaran discovery. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh keterampilan metakognisi terhadap hasil belajar siswa melalui metode pembelajaran discovery, dan (2) mengetahui pengaruh keterampilan metakognisi terhadap sikap siswa melalui metode pembelajaran discovery. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XIIIE SMP Negeri 28 Bandar lampung yang berjumlah 36 siswa pada semester genap tahun pelajaran 2012/2013 dengan materi tekanan. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu Purposive Sampling, sementara desain penelitian yang digunakan adalah one-shot case study. Berdasarkan penelitian ini, diperoleh data keterampilan metakognisi, hasil belajar, dan data lembar observasi sikap siswa yang kemudian dianalisis dengan menggunakan metode regresi linear dengan SPSS17.0. Hasil analisis menunjukkan bahwa kedua data berdistribusi normal dan linear. Khairul Anam Selanjutnya untuk menguji pengaruh dilakukan dengan uji korelasi dan regresi linear sederhanadenganbantuanSPSS 17.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh keterampilan metakognisi terhadap hasil belajar melalui metode pembelajaran discovery sebesar 12% yang termasuk dalam kategori rendah. Persamaan regresinya Y = 39,26 + 0,4 X dimana konstanta a dan b merupakan koefisien yang signifikan. (2) ada pengaruh keterampilan metakognisi terhadap sikap belajar siswa melalui metode pembelajaran discovery sebesar 33% yang termasuk dalam kategori sedang. Persamaan regresinya Y = 25,9 + 0,6 X dimana koefisien a dan b merupakan koefisien yang signifikan. Kata kunci : keterampilan metakognisi, hasil belajar, sikap siswa, metode pembelajaran discovery.