?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PERBANDINGAN+HASIL+BELAJAR+MODEL+PEMBELAJARAN+EXCLUSIVE+DENGAN+MODEL+DIRECT+INSTRUCTION+(DI)%0D%0APADA+MATERI+CAHAYA+SISWA+SMP+NEGERI+1+NATAR%0D%0AT.P.+2012%2F2013&rft.creator=+%2C+Mitha+Pratiwi+Mahardika&rft.subject=L+Education+(General)+%3D+Pendidikan+&rft.subject=LB+Theory+and+practice+of+education&rft.subject=QC+Physics&rft.description=Mata+pelajaran+fisika+dikalangan+siswa+dianggap+salah+satu+mata+pelajaran+yang+sulit+dipahami+sehingga+berdampak+pada+hasil+belajar+siswa+yang+kurang+maksimal.+Berbagai+inovasi+pembelajaran+yang+disajikan+dalam+bentuk+model+pembelajaran+telah+banyak+membantu+guru+menyajikan+materi+fisika+dengan+pembelajaran+yang+aktif+dan+menyenangkan.+Beragamnya+model+pembelajaran+memaksa+guru+lebih+selektif+memilih+model+yang+tepat+sesuai+materi+pelajaran+untuk+mencapai+tujuan+pembelajaran+secara+optimal.+Penelitian+ini+membandingkan+hasil+belajar+dua+model+pembelajaran.+Tujuan+penelitian+ini+yaitu+untuk+mengetahui+adakah+perbedaan+hasil+belajar+antara+model+pembelajaran+Exclusive+dengan+model+DI+dan+untuk+mengetahui+model+manakah+yang+rata-rata+hasil+belajarnya+lebih+tinggi.+Populasi+penelitian+ini+yaitu+seluruh+siswa+kelas+VIII+SMPN+1+Natar+pada+semester+genap+T.P.+2012%2F2013+sedangkan+sampel+penelitiannya+yaitu+siswa+kelas+VIII+E+sebagai+kelas+eksperimen+1+dan+VIII+F+sebagai+kelas+eksperimen+2+yang+dipilih+dengan+metode+purposive+sampling.%0D%0AMitha+Pratiwi+Mahardika%0D%0ADesain+penelitian+menggunakan+bentuk+Pre-Eksperimental+Design+dengan+tipe+One+Group+Pretest-Posttest+Design.+Teknik+analisis+data+hasil+belajar+kognitif+menggunakan+skor+gain+ternormalisasi%2C+sedangkan+data+hasil+belajar+afektif+dan+psikomotor+menggukan+persentase+perolehan+nilai.+Pada+pengujian+hipotesis+menggunakan+uji+Independent+Sample+T+Test.+Berdasarkan+hasil+uji+Independent+Sample+T+Test+diperoleh+bahwa+nilai+t+hitung+pada+hasil+belajar+kognitif%2C+afektif%2C+dan+psikomotor+berturut-turut+yaitu+3.35%2C+4.26%2C+dan+9.47+lebih+besar+dari+t+tabel+yaitu+2.04%2C+artinya+ada+perbedaan+rata-rata+hasil+belajar+antara+model+pembelajaran+Exclusive+dengan+model+DI.+Secara+keseluruhan%2C+rata-rata+hasil+belajar+siswa+pada+kelas+Exclusive+lebih+tinggi+dibandingkan+dengan+kelas+DI+sehingga+dapat+disimpulkan+bahwa+pembelajan+dengan+model+pembelajaran+Exclusive+lebih+efektif+digunakan+untuk+meningkatkan+hasil+belajar+siswa+dibandingkan+pembelajaran+dengan+model+DI.%0D%0AKata+kunci+%3A+Model+pembelajaran+Exclusive%2C+model+Direct+Instruction+(DI)%2C+dan+hasil+belajar&rft.publisher=Fakultas+KIP&rft.date=2013-09-23&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1726%2F1%2FCOVER%2520DALAM.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1726%2F2%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1726%2F3%2FLEMBAR%2520PENGESAHAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1726%2F4%2FSURAT%2520PERNYATAAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1726%2F5%2FLEMBAR%2520PERSETUJUAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1726%2F6%2FDAFTAR%2520ISI.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1726%2F7%2FBAB%2520I.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1726%2F8%2FBAB%2520II.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1726%2F9%2FBAB%2520III.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1726%2F10%2FBAB%2520V.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1726%2F11%2FBAB%2520IV.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1726%2F12%2FDAFTAR%2520PUSTAKA.pdf&rft.format=archive&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1726%2F13%2FLAMPIRAN.zip&rft.identifier=+++%2C+Mitha+Pratiwi+Mahardika++(2013)+PERBANDINGAN+HASIL+BELAJAR+MODEL+PEMBELAJARAN+EXCLUSIVE+DENGAN+MODEL+DIRECT+INSTRUCTION+(DI)+PADA+MATERI+CAHAYA+SISWA+SMP+NEGERI+1+NATAR+T.P.+2012%2F2013.++Fakultas+KIP%2C+Universitas+Lampung.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1726%2F