%0 Generic %A , Mitha Pratiwi Mahardika %C Universitas Lampung %D 2013 %F eprints:1726 %I Fakultas KIP %T PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MODEL PEMBELAJARAN EXCLUSIVE DENGAN MODEL DIRECT INSTRUCTION (DI) PADA MATERI CAHAYA SISWA SMP NEGERI 1 NATAR T.P. 2012/2013 %U http://digilib.unila.ac.id/1726/ %X Mata pelajaran fisika dikalangan siswa dianggap salah satu mata pelajaran yang sulit dipahami sehingga berdampak pada hasil belajar siswa yang kurang maksimal. Berbagai inovasi pembelajaran yang disajikan dalam bentuk model pembelajaran telah banyak membantu guru menyajikan materi fisika dengan pembelajaran yang aktif dan menyenangkan. Beragamnya model pembelajaran memaksa guru lebih selektif memilih model yang tepat sesuai materi pelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran secara optimal. Penelitian ini membandingkan hasil belajar dua model pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui adakah perbedaan hasil belajar antara model pembelajaran Exclusive dengan model DI dan untuk mengetahui model manakah yang rata-rata hasil belajarnya lebih tinggi. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Natar pada semester genap T.P. 2012/2013 sedangkan sampel penelitiannya yaitu siswa kelas VIII E sebagai kelas eksperimen 1 dan VIII F sebagai kelas eksperimen 2 yang dipilih dengan metode purposive sampling. Mitha Pratiwi Mahardika Desain penelitian menggunakan bentuk Pre-Eksperimental Design dengan tipe One Group Pretest-Posttest Design. Teknik analisis data hasil belajar kognitif menggunakan skor gain ternormalisasi, sedangkan data hasil belajar afektif dan psikomotor menggukan persentase perolehan nilai. Pada pengujian hipotesis menggunakan uji Independent Sample T Test. Berdasarkan hasil uji Independent Sample T Test diperoleh bahwa nilai t hitung pada hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomotor berturut-turut yaitu 3.35, 4.26, dan 9.47 lebih besar dari t tabel yaitu 2.04, artinya ada perbedaan rata-rata hasil belajar antara model pembelajaran Exclusive dengan model DI. Secara keseluruhan, rata-rata hasil belajar siswa pada kelas Exclusive lebih tinggi dibandingkan dengan kelas DI sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajan dengan model pembelajaran Exclusive lebih efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dibandingkan pembelajaran dengan model DI. Kata kunci : Model pembelajaran Exclusive, model Direct Instruction (DI), dan hasil belajar