@article{eprints17266, month = {Februari}, title = {PENGARUH SIKAP DAN PERILAKU GURU TERHADAP MINAT SISWA MENURUT PERSEPSI SISWA DALAM MENGIKUTI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SMA BUDAYA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2011/2012}, author = {Taufiqurrahman 0743032043}, year = {2012}, journal = {Digital Library}, url = {http://digilib.unila.ac.id/17266/}, abstract = {ABSTRAK. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh sikap dan perilaku guru terhadap minat siswa menurut persepsi siswa dalam mengikuti mata pelajaran di SMA Budaya Bandar Lampung Tahun 2011/2012. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 80 orang. Analisis data menggunakan Chi Kuadrat. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh antara sikap dan perilaku guru terhadap minat siswa menurut persepsi siswa dalam mengikuti mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di SMA Budaya Bandar Lampung Tahun 2011/2012. Ini dibuktikan dengan hasil perhitungan yang menggunakan rumus Chi Kuadrat, sehingga untuk keterampilan guru mengelola kelas menurut persepsi siswa terhadap minat belajar PKn siswa diperoleh koefisien kontingensi C = 0,92 dan koefisien kontingensi maksimum = 0,816. Berdasarkan perhitungan tersebut maka koefisien kontingensi C = 0,92, berada pada kategori Sangat Berpengaruh. Hal ini menunjukkan bahwa sikap dan perilaku guru menurut persepsi siswa sangat berpengaruh terhadap minat belajar PKn siswa di SMA Budaya Bandar Lampung Tahun 2011/2012. Oleh sebab itu kepada guru diharapkan dapat meningkatkan dan memperhatikan kebutuhan-kebutuhan pendidikan siswa. Bentuk-bentuk perhatian tersebut dapat berupa pemenuhan kebutuhan ilmu pengetahuan atau materi pembelajaran untuk belajar ataupun pemberian dorongan atau semangat kepada siswa. Disamping itu juga guru hendaknya lebih terbuka dan bersedia bekerja sama demi kemajuan siswa.} }