%0 Journal Article %A 0743032001, Ade Aransyah %D 2011 %F eprints:17268 %J Digital Library %T PENGARUH PEMAHAMAN TENTANG TOLERANSI BERAGAMA, PEMBUDAYAAN KEHIDUPAN BERAGAMA, DAN PEMBELAJARAN PKn TERHADAP SIKAP TOLERANSI BERAGAMA PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 17 BANDAR LAMPUNG TAHUN 2011-2012 %U http://digilib.unila.ac.id/17268/ %X Abstrak Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 29 ayat 2, menjelaskan Negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk agama dan kepercayaannya masing-masing. Pemahaman, pembudayaan, dan pembelajaran PKn merupakan suatu usaha untuk menumbuhkan sikap toleransi beragama siswa dengan umat beragama yang lain. Hal ini, agar tidak menimbulkan konflik antar umat beragama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemahaman, pengaruh pembudayaan, pengaruh pembelajaran PKn terhadap sikap toleransi beragama pada siswa kelas VII SMP N 17 Bandar Lampung Tahun 2011 -2012. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskripsi verifikatif, dengan populasi yang berjumlah 86 orang responden dan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik angket yang kemudian dihitung dengan rumus Product Moment, spearman brown dan Interval kemudian setelah itu diolah dengan menggunakan rumus menguji hipotesis pertama, kedua, dan ketiga digunakan uji t melalui model Regresi Linier Sederhana, sedangkan untuk hipotesis keempat digunakan uji F melalui model Regresi Linier Multipel. Berdasarkan hasil uji coba statistik yang dilakukan, menunjukkan, ada pengaruh pemahaman terhadap sikap toleransi dimana diperoleh thitung > ttabel yaitu 9,047>1,675, ada pengaruh pemahaman terhadap sikap toleransi dimana diperoleh t hitung > ttabel yaitu 9,830>1,675, ada pengaruh pemahaman terhadap sikap toleransi dimana diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,986>1,675, dan ada pengaruh pemahaman, pembudayaan, dan Pembelajaran PKn dimana diperoleh Fhitung> Ftabel yaitu 6,118>3,11 dan (r2) sebesar 0,887 atau 88,7% , Kolerasi (r2) menunjukkan adanya hubungan variabel (X1), (X2), (X3) yang cukup erat terhadap (Y).