%A Indra Mulya 0613041033 %J Digital Library %T Implikatur Percakapan Anak Usia 5 Tahun di Lingkungan Keluarga dan Implikasinya pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Taman Kanak-kanak (TK) %X Abstrak Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah implikatur percakapan anak usia 5 tahun di lingkungan keluarga dan implikasinya terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di taman kanak-kanak. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan implikatur percakapan anak usia 5 tahun di lingkungan keluarga dengan menganalisis berbagai interseksi jenis tuturan dan implikasinya terhadap pembelajaran bahasa di taman kanak-kanak. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain penelitian kualitatif, yakni pemecahan masalah dengan memaparkan keadaan objek penelitian berdasarkan fakta-fakta sebagaimana adanya. Sumber data dalam penelitian ini berupa tuturan yang terjadi antara anak usia 5 tahun dengan mitra tuturnya di lingkungan keluarga dan dilengkapi dengan konteks yang melatari tuturan tersebut. ii Hasil penelitian berupa (1) bentuk verbal tuturan dalam berimplikatur terdiri atas (a) Tindak tutur tidak langsung literal (TtLli), yaitu tindak tutur menolak dengan modus menyatakan fakta dan tindak tutur memengaruhi dengan modus mengemukakan pendapat ; (b) tindak tutur langsung tidak literal (TLtli), yaitu tindak tutur menyindir dengan modus menyatakan fakta, tindak tutur menolak dengan modus bertanya, tindak tutur meminta dengan modus menyatakan fakta, tindak tutur meminta dengan modus menegaskan, tindak tutur membantah dengan modus menyatakan fakta , dan tindak tutur meminta dengan modus bertanya; (c ) tindak tutur tidak langsung tidak literal (TtLtli), yaitu tindak tutur menolak dengan modus menyatakan fakta, tindak tutur melarang dengan modus mengemukakan pendapat, tindak tutur mengeluh dengan modus menyatakan fakta, tindak tutur memerintah dengan modus mengemukakan pendapat, tindak tutur menolak dengan modus perintah, tindak tutur menolak dengan modus merekomendasikan, dan tindak tutur mengajak dengan modus perintah. (2) Pemanfaatan konteks yang digunakan oleh subjek penelitian dalam memaksimalkan implikatur terdiri atas beberapa konteks, yaitu konteks peristiwa dan konteks waktu. Implikasi hasil penelitian pada pembelajaran di taman kanak-kanak (TK) adalah menjadi media pembelajaran atau sebagai studi bagi guru-guru TK untuk memperluas pemahaman jenis-jenis tuturan anak yang bersifat implikatur. %D 2012 %L eprints17271