title: PENGARUH ASESMEN E-PORTOFOLIO MELALUI GROUP FACEBOOK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SMA creator: , Siti Nurul Aroma Dewi subject: L Education (General) = Pendidikan subject: LB Theory and practice of education subject: QC Physics description: Asesmen adalah aspek yang sangat penting dalam pembelajaran fisika. Fisika merupakan mata pelajaran yang terstruktur, terorganisasi dan sifatnya berjenjang. Diperlukan asesmen yang tepat untuk merefleksikan hasil belajar siswa. Untuk itu dilakukan penelitian untuk menerapkan asesmen e-portofolio melalui group facebook. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan asesmen e-portofolio melalui group facebook menggunakan model pembelajaran ARIAS terhadap hasil belajar fisika siswa SMA. Asesmen e-portofolio melalui group facebook merupakan sebuah bukti digital berdasarkan pengalaman, pencapaian dan hasil pembelajaran siswa didalam group facebook yang dapat motivasi siswa untuk mencapai hasil belajar yang lebih baik. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 1 Tanjung Bintang, Lampung Selatan pada semester genap tahun ajaran 2012/2013, sedangkan sampel yang diambil, yaitu kelas XI IPA1. Pemilihan kelas sampel dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan purposive sampling. Penelitian ini menggunakan desain Siti Nurul Aroma Dewi one-shot case study. Hasil yang diperoleh dari penelitian yang telah dilakukan adalah ada pengaruh pengaruh yang positif dan signifikan asesmen e-portofolio melalui group facebook menggunakan model pembelajaran ARIAS terhadap hasil belajar fisika siswa SMA. Rata-rata nilai asesmen e-portofolio siswa adalah 72. Sedangkan rata-rata nilai hasil belajar siswa adalah sebesar 18,9% dengan kategori tinggi sekali, 64,8% dengan kategori tinggi, dan 16,2% dengan kategori sedang. Dengan persamaan Y = 32,62 + 0.50X dengan X sebagai asesmen eportofolio dan Y sebagai hasil belajar. Dengan uji regresi dapat disimpulkan bahwa asesmen e-portofolio mempengaruhi hasil belajar siswa sebesar 12%. Kata kunci: asesmen, e-portofolio, facebook, hasil belajar. publisher: Fakultas KIP date: 2013-09-23 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1728/1/3.%20COVER%20DALAM.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1728/2/2.%20ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1728/3/4.MENYETUJUI.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1728/4/5.%20MENGESAHKAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1728/5/6.%20SURAT%20PERNYATAAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1728/6/11.%20DAFTAR%20ISI.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1728/7/BAB%20I.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1728/8/BAB%20III.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1728/9/BAB%20II.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1728/10/BAB%20IV.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1728/11/BAB%20V.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1728/12/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf format: archive identifier: http://digilib.unila.ac.id/1728/13/LAMPIRAN.zip identifier: , Siti Nurul Aroma Dewi (2013) PENGARUH ASESMEN E-PORTOFOLIO MELALUI GROUP FACEBOOK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SMA. Fakultas KIP, Universitas Lampung. relation: http://digilib.unila.ac.id/1728/