%A ULIVINA PRATINI 0813023012 %J Digital Library %T PERBEDAAN PENGUASAAN KONSEP ASAM-BASA ANTARA PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY DENGAN GUIDED DISCOVERY SISWA KELAS XI IPA SMA AL-KAUTSAR BANDAR LAMPUNG %X Abstrak Berdasarkan hasil observasi di SMA Al-Kautsar Bandar Lampung diketahui bahwa pembelajaran kimia yang digunakan masih menggunakan pembelajaran dengan metode ceramah (konsep diberikan langsung oleh guru). Hal tersebut belum membimbing siswa untuk lebih memahami konsep asam basa. Oleh karena itu, untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa dirancang pembelajaran dengan model pembelajaran guided inquiry dan model pembelajaran guided discovery pada materi pokok asam basa. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui perbedaan penguasaan konsep antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran guided inquiry dengan model pembelajaran guide discovery. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IPA SMA AL-Kautsar Bandar Lampung tahun ajaran 2011/ 2012. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 44 orang siswa kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen I dengan model pembelajaran guided inquiry dan 44 orang siswa kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen II dengan model pembelajaran guided discovery. Penelitian ini menggunakan rancangan The Matching-Only Posttes-Only group Design. Variabel bebas yaitu pembelajaran dengan model guided inquiry dan guided discovery. Variabel terikat yaitu penguasaan konsep Asam-Basa siswa. Data penguasaan konsep yang diperoleh dianalisis dengan uji-t menggunakan SPSS 16.0. Hasil dari penelitian ini adalah kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan pembelajaran guided inquiry menunjukkan penguasaan konsep Asam-Basa yang lebih tinggi dibandingkan yang menggunakan model pembelajaran guided discovery. %D 2012 %L eprints17288