%0 Generic %A , WIDI WIRIADIPRAJA %C Universitas Lampung %D 2013 %F eprints:1731 %I Fakultas KIP %T PENGEMBANGAN VIDEO ON DEMAND (VOD) DENGAN PERLUASAN SUMBER-SUMBER BELAJARBERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) %U http://digilib.unila.ac.id/1731/ %X Penggunaan video interaktif sebagai media pembelajaran sudah tidak asing lagi, salah satu contohnya adalah Video On Demand (VOD). VOD sebagai suatu pilihan alternatif sumber belajar interaktif yang mampu dimodifikasi sesuai keinginan editor dan keperluan pembelajaran. Video saat ini sudah banyak diunduh atau diakses secara online, bahkan terdapat video pembelajaran yang didesain sangat menarik dan interaktif, tetapi belum seluruhnya merepresentasikan indikator pembelajaran, walaupun terdapat kekurangan tetapi untuk mendapatkannya tidaklah gratis. Oleh sebab itu perlu dilakukan pengembangan VOD agar video pembelajaran yang dihasilkan sesuai dengan tujuan pembelajaran dan mampu merepresentasikan semua materi pembelajaran terlebih mampu memberikan pembelajaran lebih terkait pembelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan model penelitian Research and Development. Pengembangan Sumber Belajar Interaktif (SBI) berupa VOD, mengadaptasi model pengembangan media instruksional dari prosedur pengembangan produk Widi Wiriadipraja ii dan uji coba produk menurut Suyanto sebagai acuan. Penelitian pengembangan tersebut meliputi analisis kebutuhan program pengembangan, identifikasi sumberdaya, identifikasi spesifikasi produk, pengembangan produk (Prototipe I), uji internal (Prototipe II), uji eksternal (Prototipe III), dan produksi. Pengujian produk sebagai media pembelajaran dilakukan dengan menggunakan instrumen penilaian desain, isi/materi pembelajaran, kemenarikan, kemudahan, dan kemanfaatan multimedia berdasarkan BSNP dan hasil konsultasi, selain itu menggunakan soal post-test yang terdapat dalam SBI. Hasil uji internal oleh ahli desain dan isi/materi pembelajaran menyatakan bahwa SBI memiliki kualitas layak dan sesuai dengan teori. Hasil uji eksternal oleh pengguna melalui uji satu-satu, multimedia ini memiliki kualitas sangat menarik, sangat mudah digunakan, dan sangat bermanfaat, sedangkan melalui uji kelompok kecil memiliki kualitas sangat menarik, sangat mudah digunakan, dan sangat bermanfaat. Hasil uji eksternal melalui uji lapangan, multimedia ini dinyatakan efektif digunakan sebagai sumber sekaligus media pembelajaran berdasarkan perolehan hasil belajar siswa kelas VIIIF SMP N 1 Kragilan pada semester genap tahun pelajaran 2012/2013 yaitu sebesar 83,77 % siswa tuntas KKM materi tekanan dengan nilai rata-rata 84,51. Kata kunci: Research and Development, Video On Demand (VOD), materi tekanan SMP/MTs.