<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENINGKATAN PEMAHAMAN UNSUR INTRINSIK CERITA PENDEK\r\nMELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF\r\nSTUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION\r\nSISWA KELAS X SMA NEGERI 1\r\nBANDAR LAMPUNG"^^ . "Abstrak\r\n\r\nPenelitian ini dilatarbelakangi kemampuan siswa menentukan unsur intrinsik\r\ncerpen masih ada yang di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). KKM\r\nyang ditentukan untuk pembelajaran unsur intrinsik cerpen adalah 70. Hal ini\r\ndisebabkan guru belum melakukan perencanaan, proses, dan evaluasi yang tepat\r\nuntuk dapat meningkatkan kemampuan menentukan unsur intrinsik cerpen.\r\nTujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan perencanaan, proses pelaksanaan,\r\nsistem evaluasi, dan peningkatan kemampuan siswa memahami unsur-unsur\r\ninstrinsik cerpen dengan menggunakan kooperatif tipe STAD.\r\nPenelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas X-3 dan\r\nX-4 SMA Negeri 1 Bandar Lampung yang berjumlah 72 siswa. Pengumpulan data\r\ndilakukan dengan observasi dan tes. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus.\r\nSiklus I peningkatan unsur intrinsik cerpen dengan kooperatif tipe STAD. Siklus\r\nII masih menggunakan tipe STAD dengan posisi tempat duduk seperti huruf U.\r\nCerpen yang dibahas lebih sulit dari cerpen siklus I. Siklus III menggunakan\r\nkooperatif tipe STAD, posisi tempat duduk siswa berbaris di lantai ruang\r\nmultimedia tiap baris terdiri dari dua kelompok. dibantu seorang model, tujuan\r\npeneliti mendatangkan pengarang cerpen secara langsung untuk lebih menarik\r\nminat dan lebih meningkatkan aktivitas siswa.\r\nKesimpulan penelitian ini (1) Kemampuan guru meningkat dalam perencanaan\r\npembelajaran Siklus I memperoleh nilai 2,68 kategori sedang, siklus II\r\nmemperoleh nilai 2,97 kategori sedang, siklus III memperoleh nilai 3,20 kategori\r\nsedang, (2) proses pembelajaran pada siklus I di kelas X-3 jumlah siswa yang\r\naktif 20 orang (55,56%) kategori sedang, Siklus II jumlah siswa yang aktif 27\r\norang (75%) kategori tinggi, Siklus III siswa yang aktif 36 orang (100%) kategori\r\nsangat tinggi. Siklus I di kelas X-4 jumlah siswa yang aktif 21 orang (58,33%)\r\nkategori sedang, Siklus II jumlah siswa yang aktif 27 orang (75%) kategori\r\nsedang, Siklus III jumlah siswa yang aktif 36 orang (100%) kategori sangat tinggi,\r\nberarti terjadi peningkatan dalam tiap Siklus, (3) Sistem evaluasi pada Siklus I, II,\r\ndan III menggunakan 20 soal pilihan ganda. Validitas pada Siklus I (0,72), Siklus\r\nII (0,78), Siklus III (0,86). Reliabilitas tes Siklus I (0,45), Siklus II (0,54), dan\r\nSiklus III (0,62), tingkat kesukaran instrumen Siklus I (0,47), Siklus II (0,55),\r\nSiklus III (0,63). Daya pembeda instrumen Siklus I (0,66), Siklus II (0,70), Siklus\r\nIII (0,72). (4) nilai rata-rata penguasaan unsur intrinsik cerpen pada kelas X-3\r\nsiklus I yaitu (70,32), siklus II yaitu (77,05), dan siklus III yaitu (85,92),\r\nsedangkan kelas X-4 Siklus I (72,33), Siklus II (78,93), Siklus III (87,17).\r\nKata kunci : Kooperatif Tipe STAD, sistem evaluasi, pretasi belajar.\r\n\r\nAbstract\r\n\r\nThis research is formed by the student’s ability to decide the short story intrinsic\r\nelement that there are still under KKM. It is caused because the teacher hasn’t\r\ndone the planning, the process and the correct evaluation yet to increase the ability\r\nto determine the short story intrinsic element. The purpose of this research to\r\ndescribe the planning, the process, evaluation system and increasing student’s\r\nability to comprehend the short story intrinsic elements by using Cooperative\r\nSTAD type.\r\nThis research is a class action research which is done in X-3 and X-4 classes of\r\nSenior High School 1 Bandar Lampung that totally 72 students. The data\r\ncollection is done by observation and test. This research is done in 3 cycles. The\r\nfirst cycle is the increasing of short story intrinsic element by cooperative STAD\r\ntype. The second cycle is still using STAD type with the U sitting position. The\r\nshort story that discussed is more difficult than first cycle short story. The third\r\ncycle is using Cooperative STAD type, the student’s sitting position lined up on\r\nmultimedia room floor, each lines consist of two groups is helped by a model. The\r\npurpose of the writer invites the author of short story directly is to attract student’s\r\ninterest and to increase student’s activity.\r\nThe conclusion of this research are (1) Teacher’s ability increase on first cycle\r\nlearning plan gets 2,68 in medium category, the second cycle gets 2,97 in medium\r\ncategory, the third cycle gets 3,20 in medium category. (2) Learning process on\r\nfirst cycle in X-3 class with 20 active students are (55,56%) in medium category,\r\nthe second cycle with 27 active students are (75%) in high category, the third\r\ncycle with 36 active students are (100%) in very high category. The first cycle in\r\nX-4 class with 21 active students are (58,33%) in medium category, the second\r\ncycle with 27 active students are (75%) in medium category, the third cycle with\r\n36 active student are (100%) in very high category, it means that there is\r\nincreasing in each cycle. (3) The evaluation system uses 20 items valid and\r\nreliable multiple choice test, each cycle has the increasing with index on the first\r\ncycle (0,36), the second cycle (0,47), the third cycle (0,66). The instruments on\r\neach cycles is in enough category. (4) The mastery of average value of short story\r\nintrinsic element at X-3 class on the first cycle is (70,32), the second cycle is\r\n(77.05), the third cycle is (85.92), even X-4 class on the first cycle is (72.33), the\r\nsecond cycle is (78.93), the third cycle is (87.17).\r\nKey word : STAD Cooperative Type, Evaluation system, the student achievement"^^ . "2012-03-04" . . . . . . "Digital Library"^^ . . . . . . . . "RELIANI"^^ . "0923011051"^^ . "RELIANI 0923011051"^^ . . . . . . "PENINGKATAN PEMAHAMAN UNSUR INTRINSIK CERITA PENDEK\r\nMELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF\r\nSTUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION\r\nSISWA KELAS X SMA NEGERI 1\r\nBANDAR LAMPUNG (File PDF)"^^ . . . "0923011051-abstract.pdf"^^ . . . "PENINGKATAN PEMAHAMAN UNSUR INTRINSIK CERITA PENDEK\r\nMELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF\r\nSTUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION\r\nSISWA KELAS X SMA NEGERI 1\r\nBANDAR LAMPUNG (File PDF)"^^ . . . "0923011051-abstrak.pdf"^^ . . . "PENINGKATAN PEMAHAMAN UNSUR INTRINSIK CERITA PENDEK\r\nMELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF\r\nSTUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION\r\nSISWA KELAS X SMA NEGERI 1\r\nBANDAR LAMPUNG (File PDF)"^^ . . . "0923011051-kesimpulan.pdf"^^ . . . "PENINGKATAN PEMAHAMAN UNSUR INTRINSIK CERITA PENDEK\r\nMELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF\r\nSTUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION\r\nSISWA KELAS X SMA NEGERI 1\r\nBANDAR LAMPUNG (File PDF)"^^ . . . "0923011051-pendahuluan.pdf"^^ . . . "PENINGKATAN PEMAHAMAN UNSUR INTRINSIK CERITA PENDEK\r\nMELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF\r\nSTUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION\r\nSISWA KELAS X SMA NEGERI 1\r\nBANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENINGKATAN PEMAHAMAN UNSUR INTRINSIK CERITA PENDEK\r\nMELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF\r\nSTUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION\r\nSISWA KELAS X SMA NEGERI 1\r\nBANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENINGKATAN PEMAHAMAN UNSUR INTRINSIK CERITA PENDEK\r\nMELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF\r\nSTUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION\r\nSISWA KELAS X SMA NEGERI 1\r\nBANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENINGKATAN PEMAHAMAN UNSUR INTRINSIK CERITA PENDEK\r\nMELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF\r\nSTUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION\r\nSISWA KELAS X SMA NEGERI 1\r\nBANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENINGKATAN PEMAHAMAN UNSUR INTRINSIK CERITA PENDEK\r\nMELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF\r\nSTUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION\r\nSISWA KELAS X SMA NEGERI 1\r\nBANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENINGKATAN PEMAHAMAN UNSUR INTRINSIK CERITA PENDEK\r\nMELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF\r\nSTUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION\r\nSISWA KELAS X SMA NEGERI 1\r\nBANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENINGKATAN PEMAHAMAN UNSUR INTRINSIK CERITA PENDEK\r\nMELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF\r\nSTUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION\r\nSISWA KELAS X SMA NEGERI 1\r\nBANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENINGKATAN PEMAHAMAN UNSUR INTRINSIK CERITA PENDEK\r\nMELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF\r\nSTUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION\r\nSISWA KELAS X SMA NEGERI 1\r\nBANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENINGKATAN PEMAHAMAN UNSUR INTRINSIK CERITA PENDEK\r\nMELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF\r\nSTUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION\r\nSISWA KELAS X SMA NEGERI 1\r\nBANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENINGKATAN PEMAHAMAN UNSUR INTRINSIK CERITA PENDEK\r\nMELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF\r\nSTUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION\r\nSISWA KELAS X SMA NEGERI 1\r\nBANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENINGKATAN PEMAHAMAN UNSUR INTRINSIK CERITA PENDEK\r\nMELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF\r\nSTUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION\r\nSISWA KELAS X SMA NEGERI 1\r\nBANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENINGKATAN PEMAHAMAN UNSUR INTRINSIK CERITA PENDEK\r\nMELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF\r\nSTUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION\r\nSISWA KELAS X SMA NEGERI 1\r\nBANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENINGKATAN PEMAHAMAN UNSUR INTRINSIK CERITA PENDEK\r\nMELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF\r\nSTUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION\r\nSISWA KELAS X SMA NEGERI 1\r\nBANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENINGKATAN PEMAHAMAN UNSUR INTRINSIK CERITA PENDEK\r\nMELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF\r\nSTUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION\r\nSISWA KELAS X SMA NEGERI 1\r\nBANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENINGKATAN PEMAHAMAN UNSUR INTRINSIK CERITA PENDEK\r\nMELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF\r\nSTUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION\r\nSISWA KELAS X SMA NEGERI 1\r\nBANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENINGKATAN PEMAHAMAN UNSUR INTRINSIK CERITA PENDEK\r\nMELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF\r\nSTUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION\r\nSISWA KELAS X SMA NEGERI 1\r\nBANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENINGKATAN PEMAHAMAN UNSUR INTRINSIK CERITA PENDEK\r\nMELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF\r\nSTUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION\r\nSISWA KELAS X SMA NEGERI 1\r\nBANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENINGKATAN PEMAHAMAN UNSUR INTRINSIK CERITA PENDEK\r\nMELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF\r\nSTUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION\r\nSISWA KELAS X SMA NEGERI 1\r\nBANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENINGKATAN PEMAHAMAN UNSUR INTRINSIK CERITA PENDEK\r\nMELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF\r\nSTUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION\r\nSISWA KELAS X SMA NEGERI 1\r\nBANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENINGKATAN PEMAHAMAN UNSUR INTRINSIK CERITA PENDEK\r\nMELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF\r\nSTUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION\r\nSISWA KELAS X SMA NEGERI 1\r\nBANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #17313 \n\nPENINGKATAN PEMAHAMAN UNSUR INTRINSIK CERITA PENDEK \nMELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF \nSTUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION \nSISWA KELAS X SMA NEGERI 1 \nBANDAR LAMPUNG\n\n" . "text/html" . . . " " . .