<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATERI GAYA\r\nDENGAN PEMANFAATAN KOTAK INFORMASI TERPADU\r\nILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS V\r\nSD NEGERI 2 SEPUTIH JAYA\r\nLAMPUNG TENGAH"^^ . "Abstrak\r\n\r\nPenelitian ini dilatarbelakangi rendahnya prestasi belajar siswa materi gaya yang masih di\r\nbawah KKM. Hal ini disebabkan guru belum melakukan perencanaan, proses, dan\r\nevaluasi yang tepat untuk dapat meningkatkan prestasi belajar materi gaya. Penelitian\r\nbertujuan mendeskripsikan (1) perencanaan, (2) proses pelaksanaan, (3) sistem evaluasi\r\npembelajaran (4) peningkatan prestasi belajar materi gaya kelas V setelah melaksanakan\r\npembelajaran dengan metoda praktikum melalui pemanfaatan Kotak Informasi Terpadu\r\nIlmu Pengetahuan Alam (KIT IPA) di SDN 2 Seputih Jaya.\r\nPenelitian tindakan kelas ini ditempuh dalam tiga siklus yang dilakukan terhadap 25\r\nsiswa kelas VA dan 22 siswa kelas VB SD Negeri 2 Seputih Jaya Lampung Tengah pada\r\nsemester I tahun pembelajaran 2010/2011. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi\r\ndan tes.Tindakan penelitian dalam setiap siklus dilakukan dengan cara pemberian\r\npembelajaran melalui metoda praktikum dengan pemanfaatan alat peraga KIT IPA,\r\ndimana siklus I dengan jenis KIT mekanika beban, siklus II dengan jenis KIT mekanika\r\ngesekan dan siklus III dengan jenis KIT listrik dan magnet.\r\nHasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) nilai RPP yang disusun guru meningkat\r\npada siklus I memperoleh nilai 2,0, siklus II memperoleh nilai 3,2 dan siklus III\r\nmemperoleh nilai 4,5; (2) aktivitas siswa meningkat, kelas VA siklus I yang aktif 6 siswa\r\n(24%); siklus II yang aktif 7 siswa (28%); dan siklus III yang aktif 23 siswa (92%); kelas\r\nVB siklus I yang aktif 5 siswa (22,7%); siklus II yang aktif 6 siswa (27,3%); dan siklus\r\nIII yang aktif 20 siswa (91%); (3) sistem evaluasi menggunakan tes pilihan jamak\r\nsebanyak 20 soal setiap siklusnya. Siklus I uji tingkat validitas 0,49 (kategori sedang),\r\nreliabilitas 0,88 (kategori baik), tingkat kesukaran soal 0,33 (kategori sedang), daya beda\r\nsoal 0,33 (klasifikasi sedang), kualitas pengecoh rata-rata + (kategori baik); soal siklus II\r\nuji tingkat validitas 0,50 (kategori sedang), reliabilitas 0,93 (kategori baik), tingkat\r\nkesukaran soal 0,41(klasifikasi sedang), daya beda soal 0,34 (klasifikasi sedang), kualitas\r\npengecoh rata-rata + (kategori baik); soal siklus III uji tingkat validitas 0,51 (kategori\r\nsedang), reliabilitas 0,95 (kategori baik) tingkat kesukaran 0,62 (kategori sedang), daya\r\nbeda 0,36 (kategori baik), kualitas pengecoh rata-rata ++ (kategori baik);(4) prestasi\r\nbelajar mengalami peningkatan. Kelas VA siklus I siswa yang tuntas 12 siswa (48%);\r\nsiklus II siswa yang tuntas 19 siswa (76%), dan siklus III siswa yang tuntas 24 siswa (96\r\n%). Kelas VB siklus I siswa yang tuntas 11 siswa (50%), siklus II siswa yang tuntas 18\r\nsiswa (81,8%), siklus III siswa yang tuntas 21 siswa (95,5%).\r\nkata kuuci: kit ipa, prestasi belajar, sekolah dasar.\r\n\r\nAbstract\r\n\r\nThe background of this research was lack of accomplishment in learning student in style\r\nmatter under KKM. It caused by the teacher was not planning, processing, and evaluating\r\nthat accurate to be able to increase accomplishment in style matter. The research aims to\r\ndescribe (1) planning, (2) execution process, (3) evaluation system in learning (4)\r\naccomplishment enhance in learning style matter of class V after doing the learning with\r\npracticum method by utilization inwrought information box of natural science in SDN 2\r\nSeputih Jaya.\r\nThe action class’ research took in three cycles which is done toward 25 students at class\r\nVA and 22 students at class VB in SDN 2 Seputih Jaya at Lampung Tengah at semester 1\r\non 2010//2011. Data collecting was done by observation and test. Research action in\r\nevery cycle done by giving learning by practicum method with utilization boaster tool\r\nKIT IPA, where cycles I with kind of KIT load mechanics, cycles II by kind of KIT\r\nfriction mechanics and cycles III with kind of KIT and magnet.\r\nThis research result shows that; (1) RPP value that arranged by the teacher is increasing\r\nat cycles I, it got value 2,0, at cycles II got value 3,2 and cycles III got value 4,5; (2)\r\nactivity student is increasing, class VA at cycles I are 6 active students (24%); at cycles II\r\nis 7 active students (28%); and cycles III is 23 active student (92%); at class VB cycles I\r\nis 5 active students (22,7%); cycles II is 6 active students (27,3%); and cycles III is 20\r\nactive students (91%), (3) Evaluation system used multiple choice as much as 20\r\nexercises in every cycle. Cycles I validity level value 0,49 (immediate category),\r\nreliability 0,88 (good category), exercise hardship level 0,33 (immediate category),\r\ndifferent stage of exercise 0,33 (immediate classification), average swindler quality +\r\n(good category); exercise at cycles II, validity test 0,50 (immediate category), reliability\r\n0,93 (good category), exercise hardship level 0,41 (immediate classification), different\r\nstage of exercise 0,34 (immediate classification), average swindler quality + (good\r\ncategory); exercise at cycles III validity test 0,51 (immediate category), reliability 0,95\r\n(good category), exercise hardship level 0,62 (immediate category), different stage 0,36\r\n(good category), average swindler quality ++ (good category);(4) accomplishment in\r\nlearning is increasing. At class VA cycles I is 12 complete students (48%); cycles II is 19\r\ncomplete students (76%), and cycles III is 24 complete students (96%). Class VB cycles I\r\nis 11 complete students (50%); cycles II is 18 complete students (81, 8%), and cycles III\r\nis 21 complete students (95, 5%).\r\nKey word: Kit science, learning accomplishment, junior high school"^^ . "2012-03-11" . . . . . . "Digital Library"^^ . . . . . . . . "SUJARWO"^^ . "0923011066"^^ . "SUJARWO 0923011066"^^ . . . . . . "PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATERI GAYA\r\nDENGAN PEMANFAATAN KOTAK INFORMASI TERPADU\r\nILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS V\r\nSD NEGERI 2 SEPUTIH JAYA\r\nLAMPUNG TENGAH (File PDF)"^^ . . . "0923011066-abstract.pdf"^^ . . . "PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATERI GAYA\r\nDENGAN PEMANFAATAN KOTAK INFORMASI TERPADU\r\nILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS V\r\nSD NEGERI 2 SEPUTIH JAYA\r\nLAMPUNG TENGAH (File PDF)"^^ . . . "0923011066-abstrak.pdf"^^ . . . "PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATERI GAYA\r\nDENGAN PEMANFAATAN KOTAK INFORMASI TERPADU\r\nILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS V\r\nSD NEGERI 2 SEPUTIH JAYA\r\nLAMPUNG TENGAH (File PDF)"^^ . . . "0923011066-kesimpulan.pdf"^^ . . . "PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATERI GAYA\r\nDENGAN PEMANFAATAN KOTAK INFORMASI TERPADU\r\nILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS V\r\nSD NEGERI 2 SEPUTIH JAYA\r\nLAMPUNG TENGAH (File PDF)"^^ . . . "0923011066-pendahuluan.pdf"^^ . . . "PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATERI GAYA\r\nDENGAN PEMANFAATAN KOTAK INFORMASI TERPADU\r\nILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS V\r\nSD NEGERI 2 SEPUTIH JAYA\r\nLAMPUNG TENGAH (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATERI GAYA\r\nDENGAN PEMANFAATAN KOTAK INFORMASI TERPADU\r\nILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS V\r\nSD NEGERI 2 SEPUTIH JAYA\r\nLAMPUNG TENGAH (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATERI GAYA\r\nDENGAN PEMANFAATAN KOTAK INFORMASI TERPADU\r\nILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS V\r\nSD NEGERI 2 SEPUTIH JAYA\r\nLAMPUNG TENGAH (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATERI GAYA\r\nDENGAN PEMANFAATAN KOTAK INFORMASI TERPADU\r\nILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS V\r\nSD NEGERI 2 SEPUTIH JAYA\r\nLAMPUNG TENGAH (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATERI GAYA\r\nDENGAN PEMANFAATAN KOTAK INFORMASI TERPADU\r\nILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS V\r\nSD NEGERI 2 SEPUTIH JAYA\r\nLAMPUNG TENGAH (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATERI GAYA\r\nDENGAN PEMANFAATAN KOTAK INFORMASI TERPADU\r\nILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS V\r\nSD NEGERI 2 SEPUTIH JAYA\r\nLAMPUNG TENGAH (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATERI GAYA\r\nDENGAN PEMANFAATAN KOTAK INFORMASI TERPADU\r\nILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS V\r\nSD NEGERI 2 SEPUTIH JAYA\r\nLAMPUNG TENGAH (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATERI GAYA\r\nDENGAN PEMANFAATAN KOTAK INFORMASI TERPADU\r\nILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS V\r\nSD NEGERI 2 SEPUTIH JAYA\r\nLAMPUNG TENGAH (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATERI GAYA\r\nDENGAN PEMANFAATAN KOTAK INFORMASI TERPADU\r\nILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS V\r\nSD NEGERI 2 SEPUTIH JAYA\r\nLAMPUNG TENGAH (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATERI GAYA\r\nDENGAN PEMANFAATAN KOTAK INFORMASI TERPADU\r\nILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS V\r\nSD NEGERI 2 SEPUTIH JAYA\r\nLAMPUNG TENGAH (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATERI GAYA\r\nDENGAN PEMANFAATAN KOTAK INFORMASI TERPADU\r\nILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS V\r\nSD NEGERI 2 SEPUTIH JAYA\r\nLAMPUNG TENGAH (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATERI GAYA\r\nDENGAN PEMANFAATAN KOTAK INFORMASI TERPADU\r\nILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS V\r\nSD NEGERI 2 SEPUTIH JAYA\r\nLAMPUNG TENGAH (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATERI GAYA\r\nDENGAN PEMANFAATAN KOTAK INFORMASI TERPADU\r\nILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS V\r\nSD NEGERI 2 SEPUTIH JAYA\r\nLAMPUNG TENGAH (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATERI GAYA\r\nDENGAN PEMANFAATAN KOTAK INFORMASI TERPADU\r\nILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS V\r\nSD NEGERI 2 SEPUTIH JAYA\r\nLAMPUNG TENGAH (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATERI GAYA\r\nDENGAN PEMANFAATAN KOTAK INFORMASI TERPADU\r\nILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS V\r\nSD NEGERI 2 SEPUTIH JAYA\r\nLAMPUNG TENGAH (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATERI GAYA\r\nDENGAN PEMANFAATAN KOTAK INFORMASI TERPADU\r\nILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS V\r\nSD NEGERI 2 SEPUTIH JAYA\r\nLAMPUNG TENGAH (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATERI GAYA\r\nDENGAN PEMANFAATAN KOTAK INFORMASI TERPADU\r\nILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS V\r\nSD NEGERI 2 SEPUTIH JAYA\r\nLAMPUNG TENGAH (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATERI GAYA\r\nDENGAN PEMANFAATAN KOTAK INFORMASI TERPADU\r\nILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS V\r\nSD NEGERI 2 SEPUTIH JAYA\r\nLAMPUNG TENGAH (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATERI GAYA\r\nDENGAN PEMANFAATAN KOTAK INFORMASI TERPADU\r\nILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS V\r\nSD NEGERI 2 SEPUTIH JAYA\r\nLAMPUNG TENGAH (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATERI GAYA\r\nDENGAN PEMANFAATAN KOTAK INFORMASI TERPADU\r\nILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS V\r\nSD NEGERI 2 SEPUTIH JAYA\r\nLAMPUNG TENGAH (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #17315 \n\nPENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATERI GAYA \nDENGAN PEMANFAATAN KOTAK INFORMASI TERPADU \nILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS V \nSD NEGERI 2 SEPUTIH JAYA \nLAMPUNG TENGAH\n\n" . "text/html" . . . " " . .