TY - JOUR ID - eprints17315 UR - http://digilib.unila.ac.id/17315/ A1 - 0923011066, SUJARWO Y1 - 2012/03/11/ N2 - Abstrak Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya prestasi belajar siswa materi gaya yang masih di bawah KKM. Hal ini disebabkan guru belum melakukan perencanaan, proses, dan evaluasi yang tepat untuk dapat meningkatkan prestasi belajar materi gaya. Penelitian bertujuan mendeskripsikan (1) perencanaan, (2) proses pelaksanaan, (3) sistem evaluasi pembelajaran (4) peningkatan prestasi belajar materi gaya kelas V setelah melaksanakan pembelajaran dengan metoda praktikum melalui pemanfaatan Kotak Informasi Terpadu Ilmu Pengetahuan Alam (KIT IPA) di SDN 2 Seputih Jaya. Penelitian tindakan kelas ini ditempuh dalam tiga siklus yang dilakukan terhadap 25 siswa kelas VA dan 22 siswa kelas VB SD Negeri 2 Seputih Jaya Lampung Tengah pada semester I tahun pembelajaran 2010/2011. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes.Tindakan penelitian dalam setiap siklus dilakukan dengan cara pemberian pembelajaran melalui metoda praktikum dengan pemanfaatan alat peraga KIT IPA, dimana siklus I dengan jenis KIT mekanika beban, siklus II dengan jenis KIT mekanika gesekan dan siklus III dengan jenis KIT listrik dan magnet. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) nilai RPP yang disusun guru meningkat pada siklus I memperoleh nilai 2,0, siklus II memperoleh nilai 3,2 dan siklus III memperoleh nilai 4,5; (2) aktivitas siswa meningkat, kelas VA siklus I yang aktif 6 siswa (24%); siklus II yang aktif 7 siswa (28%); dan siklus III yang aktif 23 siswa (92%); kelas VB siklus I yang aktif 5 siswa (22,7%); siklus II yang aktif 6 siswa (27,3%); dan siklus III yang aktif 20 siswa (91%); (3) sistem evaluasi menggunakan tes pilihan jamak sebanyak 20 soal setiap siklusnya. Siklus I uji tingkat validitas 0,49 (kategori sedang), reliabilitas 0,88 (kategori baik), tingkat kesukaran soal 0,33 (kategori sedang), daya beda soal 0,33 (klasifikasi sedang), kualitas pengecoh rata-rata + (kategori baik); soal siklus II uji tingkat validitas 0,50 (kategori sedang), reliabilitas 0,93 (kategori baik), tingkat kesukaran soal 0,41(klasifikasi sedang), daya beda soal 0,34 (klasifikasi sedang), kualitas pengecoh rata-rata + (kategori baik); soal siklus III uji tingkat validitas 0,51 (kategori sedang), reliabilitas 0,95 (kategori baik) tingkat kesukaran 0,62 (kategori sedang), daya beda 0,36 (kategori baik), kualitas pengecoh rata-rata ++ (kategori baik);(4) prestasi belajar mengalami peningkatan. Kelas VA siklus I siswa yang tuntas 12 siswa (48%); siklus II siswa yang tuntas 19 siswa (76%), dan siklus III siswa yang tuntas 24 siswa (96 %). Kelas VB siklus I siswa yang tuntas 11 siswa (50%), siklus II siswa yang tuntas 18 siswa (81,8%), siklus III siswa yang tuntas 21 siswa (95,5%). kata kuuci: kit ipa, prestasi belajar, sekolah dasar. Abstract The background of this research was lack of accomplishment in learning student in style matter under KKM. It caused by the teacher was not planning, processing, and evaluating that accurate to be able to increase accomplishment in style matter. The research aims to describe (1) planning, (2) execution process, (3) evaluation system in learning (4) accomplishment enhance in learning style matter of class V after doing the learning with practicum method by utilization inwrought information box of natural science in SDN 2 Seputih Jaya. The action class? research took in three cycles which is done toward 25 students at class VA and 22 students at class VB in SDN 2 Seputih Jaya at Lampung Tengah at semester 1 on 2010//2011. Data collecting was done by observation and test. Research action in every cycle done by giving learning by practicum method with utilization boaster tool KIT IPA, where cycles I with kind of KIT load mechanics, cycles II by kind of KIT friction mechanics and cycles III with kind of KIT and magnet. This research result shows that; (1) RPP value that arranged by the teacher is increasing at cycles I, it got value 2,0, at cycles II got value 3,2 and cycles III got value 4,5; (2) activity student is increasing, class VA at cycles I are 6 active students (24%); at cycles II is 7 active students (28%); and cycles III is 23 active student (92%); at class VB cycles I is 5 active students (22,7%); cycles II is 6 active students (27,3%); and cycles III is 20 active students (91%), (3) Evaluation system used multiple choice as much as 20 exercises in every cycle. Cycles I validity level value 0,49 (immediate category), reliability 0,88 (good category), exercise hardship level 0,33 (immediate category), different stage of exercise 0,33 (immediate classification), average swindler quality + (good category); exercise at cycles II, validity test 0,50 (immediate category), reliability 0,93 (good category), exercise hardship level 0,41 (immediate classification), different stage of exercise 0,34 (immediate classification), average swindler quality + (good category); exercise at cycles III validity test 0,51 (immediate category), reliability 0,95 (good category), exercise hardship level 0,62 (immediate category), different stage 0,36 (good category), average swindler quality ++ (good category);(4) accomplishment in learning is increasing. At class VA cycles I is 12 complete students (48%); cycles II is 19 complete students (76%), and cycles III is 24 complete students (96%). Class VB cycles I is 11 complete students (50%); cycles II is 18 complete students (81, 8%), and cycles III is 21 complete students (95, 5%). Key word: Kit science, learning accomplishment, junior high school JF - Digital Library TI - PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATERI GAYA DENGAN PEMANFAATAN KOTAK INFORMASI TERPADU ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS V SD NEGERI 2 SEPUTIH JAYA LAMPUNG TENGAH AV - public ER -