creators_name: , YEDA ESPITA type: other datestamp: 2014-05-28 07:14:18 lastmod: 2014-05-28 07:14:18 metadata_visibility: show title: PENGARUH AKTIVITAS BELAJAR DAN KETERAMPILAN METAKOGNISI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA FISIKA SISWA MELALUI METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY ispublished: pub subjects: L1 subjects: LB subjects: QC full_text_status: restricted abstract: Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan salah satu guru mata pelajaran IPA fisika di SMP Al-Kautsar Bandar Lampung, bahwasanya masih terdapat nilai IPA fisika siswa yang belum mencapai KKM. Mata pelajaran IPA fisika adalah salah satu mata pelajaran yang tidak bisa ditransfer begitu saja dari pikiran guru ke siswa adalah. Dengan demikian, hasil dan aktivitas belajar siswa yang diperolehpun tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan serta keterampilan metakognisi tidak pernah diukur dalam setiap pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aktivitas belajar dan keterampilan metakonisi terhadap hasil belajar IPA fisika siswa melalui metode pembelajaran discovery. Penelitian ini dilakukan di kelas VIIIE SMP Al-Kautsar Bandar Lampung dengan jumlah sampel 39 siswa menggunakan desain one-shot case study. Pada penelitian ini diperoleh data aktivitas belajar, keterampilan metakognisi, dan posttest yang berdistribusi normal dan linier. Kemudian untuk menguji pengaruh antar variabel data dilakukan uji regresi. Untuk mengetahui Yeda Espita iii pengaruh aktivitas belajar terhadap hasil belajar dilakukan uji regresi linier sederhana dan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh linear yang positif dan signifikan antara aktivitas belajar terhadap hasil belajar IPA fisika siswa dengan kontribusi sebesar 50% dan persamaan regresinya adalah Y’ = 62,71 + 0,20 X. Selanjutnya untuk melihat pengaruh keterampilan metakognisi terhadap hasil belajar juga dilakukan uji regresi linier sederhana dan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh linear yang positif dan signifikan antara keterampilan metakognisi terhadap hasil belajar IPA fisika siswa dengan kontribusi sebesar 51% dan persamaan regresinya adalah Y’ = 67,87 + 0,14 X. Kemudian untuk mengetahui pengaruh antara aktivitas belajar dan keterampilan metakognisi terhadap hasil belajar siswa dilakukan regresi linier berganda. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, menunjukkan bahwa terdapat pengaruh linear yang positif dan signifikan antara aktivitas belajar dan keterampilan metakognisi terhadap hasil belajar IPA fisika siswa dengan kontribusi sebesar 60 % dan persamaan regresinya adalah Y’ = 36.32 + 0,60 X1 + 0,90 X2. Kata kunci : aktivitas belajar, keterampilan metakognisi, dan hasil belajar. date: 2013-09-23 date_type: published publisher: Fakultas KIP place_of_pub: Universitas Lampung citation: , YEDA ESPITA (2013) PENGARUH AKTIVITAS BELAJAR DAN KETERAMPILAN METAKOGNISI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA FISIKA SISWA MELALUI METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY. Fakultas KIP, Universitas Lampung. document_url: http://digilib.unila.ac.id/1732/1/3.%20Cover%20Dalam.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/1732/2/2.%20Abstrak.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/1732/3/4.%20Menyetujui.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/1732/4/5.%20Pengesahan.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/1732/5/11.%20Daftar%20Isi.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/1732/6/6.%20Surat%20Pernyataan.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/1732/7/Bab%20I.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/1732/8/Bab%20II.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/1732/9/Bab%20III.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/1732/10/Bab%20IV.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/1732/11/Bab%20V.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/1732/12/Daftar%20Pustaka.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/1732/13/LAMPIRAN.zip