@article{eprints17324, month = {Februari}, title = {PENGARUH KUALITAS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN, KETERSEDIAAN SARANA BELAJAR, DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 8 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2010-2011}, author = {FERA ONY WIJAYANTI 0923031054}, year = {2012}, journal = {Digital Library}, url = {http://digilib.unila.ac.id/17324/}, abstract = {Absrtak Penelitian ini ingin mengetahui pengaruh kualitas pelaksanaan pembelajaran, ketersediaan sarana belajar, dan motivasi belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 8 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2010-2011 Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode ex post facto. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 8 Bandar Lampung Kelas XI-IPS Semester Genap tahun ajaran 20010/2011. Populasi penelitian ini sebanyak 120 siswa. Sampel diambil dengan teknik proporsional rundom sampling, sebanyak 92 siswa. Data penelitian yang berkaitan dengan kualitas pelaksanaan pembelajaran, ketersediaan sarana belajar, dan motivasi belajar diperoleh melalui angket dan data hasil belajar ekonomi siswa diperoleh melalui dokumentasi. Data yang terkumpul dianalis dengan analisis multivariat (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh yang signifikan kualitas pelaksanaan pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa kelas XI IPS SMA N 8 Bandar Lampung, dengan koefisisen beta sebesar 81,8\% (2) Ada pengaruh yang signifikan ketersediaan sarana belajar terhadap motivasi belajar siswa kelas XI IPS SMA N 8 Bandar Lampung, dengan koefisien beta sebesar 77,6\% (3) Ada pengaruh yang signifikan motivasi terhadap hasil belajar Ekonomi siswa kelas XI IPS SMA N 8 Bandar Lampung, dengan koefisien beta sebesar 38,5\% (4) Ada pengaruh yang signifikan kualitas pelaksanaan pembelajaran terhadap hasil belajar Ekonomi siswa kelas XI IPS SMA N 8 Bandar Lampung, dengan koefisien beta sebesar 39,1\% (5) Ada pengaruh yang signifikan ketersediaan sarana belajar terhadap hasil belajar Ekonomi siswa kelas XI IPS SMA N 8 Bandar Lampung, dengan koefisien beta sebesar 38,0\% (6) Ada pengaruh yang signifikan kualitas pelaksanaan pembelajaran terhadap hasil belajar melalui motivasi belajar siswa kelas XI IPS SMA N 8 Bandar Lampung, dengan koefisien beta sebesar 31,4\% (7) Ada pengaruh yang signifikan ketersediaan sarana belajar terhadap hasil belajar melalui motivasi belajar siswa kelas XI IPS SMA N 8 Bandar Lampung, dengan koefisien beta sebesar 29,8\% (8) Ada pengaruh yang signifikan kualitas pelaksanaan pembelajaran dan ketersediaan sarana belajar terhadap motivasi belajar siswa kelas XI IPS SMA N 8 Bandar Lampung, dengan koefisien beta sebesar 80,7\% (9) Ada pengaruh yang signifikan kualitas pelaksanaan pembelajaran dan ketersediaan sarana belajar terhadap hasil belajar Ekonomi siswa kelas XI IPS SMA N 8 Bandar Lampung, dengan koefisien beta sebesar 34,0\%.} }