%0 Journal Article %A 0813041016, APRILIA FITRIYANI %D 2012 %F eprints:17327 %J Digital Library %T KEMAMPUAN MENULIS ESAI SISWA KELAS XII SMA NEGERI 9 BANDARLAMPUNG TAHUN AJARAN 2011/2012 %U http://digilib.unila.ac.id/17327/ %X Abstrak Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan menulis esai pada siswa kelas XII SMA Negeri 9 Bandarlampung tahun ajaran 2011/2012. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan menulis esai siswa kelas XII SMA Negeri 9 Bandarlampung tahun ajaran 2011/2012. Selain itu, penelitian ini diharapkan dapat memaparkan tingkat kemampuan siswa dalam menuangkan ide dan gagasan dalam tulisan berbentuk esai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif murni atau survei. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes. Hal-hal yang dinilai terdiri atas enam indikator yakni 1) ketepatan pengembangan paragraf pengantar, 2) ketepatan pengembangan paragraf tubuh, 3) ketepatan pengembangan paragraf simpulan, 4) keefektifan kalimat, 5) diksi, dan 6) ejaan. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 282 siswa. Sampel yang diambil sebesar 15% dari jumlah populasi yaitu 45 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat Aprilia Fitriyani diketahui bahwa kemampuan menulis esai siswa pada siswa kelas XII SMA Negeri 9 Bandarlampung tahun ajaran 2011/2012 berkategori baik dengan skor rata-rata 23,67 dan berpersentase 78,89%. Selain itu, dapat diketahui pula bahwa kemampuan menulis esai pada siswa kelas XII SMA Negeri 9 Bandarlampung tahun ajaran 2011/2012 berdasarkan enam indikator di atas. Ketepatan pengembangan paragraf pengantar esai berkategori baik dengan skor rata-rata 3,96 dan berpersentase 79,11%. Ketepatan pengembangan paragraf tubuh esai berkategori baik dengan skor rata-rata 4,15 dan berpersentase 82,93%. Ketepatan pengembangan paragraf simpulan esai berkategori sangat baik dengan skor rata-rata 4,55 dan berpersentase 90,93%. Keefektifan kalimat dalam esai berkategori baik dengan skor rata-rata 4,10 dan berpersentase 82,04%. Ketepatan diksi dalam esai berkategori baik dengan skor rata-rata 3,83 dan berpersentase 76,53%. Ketepatan ejaan dalam esai berkategori cukup dengan skor rata-rata 3,09 dan berpersentase 61,78%.