%0 Journal Article %A 0813041024, Enik Trisnawati %D 2012 %F eprints:17332 %J Digital Library %T KEMAMPUAN MENGURAIKAN DATA GRAFIK DALAM BENTUK PARAGRAF PADA SISWA KELAS IX SMP NUSANTARA KEBAGUSAN PESAWARAN TAHUN PELAJARAN 2011/2012 %U http://digilib.unila.ac.id/17332/ %X Abstrak Masalah dalam penelitian ini adalah kemampuan menguraikan data grafik dalam bentuk paragraf siswa kelas IX SMP Nusantara Kebagusan Pesawaran tahun pelajaran 2011/2012. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan tingkat kemampuan siswa dalam menguraikan data grafik dalam bentuk paragraf. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 42 siswa yang merupakan jumlah sampel penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes menulis paragraf berdasarkan data grafik yang meliputi indikator penilaian (1) kesesuaian isi paragraf dengan data grafik, (2) kesatuan dan kepaduan paragraf, (3) penggunaan kalimat, dan (4) penggunaan ejaan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh jumlah skor rata-rata kemampuan siswa kelas IX SMP Nusantara Kebagusan Pesawaran tahun pelajaran 2011/2012 dalam menguraikan data grafik dalam bentuk paragraf 61,43 yang termasuk dalam Enik Trisnawati ii kategori cukup. Adapun nilai rata-rata dari masing-masing indikator (1) kesesuaian isi paragraf dengan data grafik 71,4 tergolong kategori cukup, (2) kesatuan dan kepaduan paragraf 62,2 tergolong kategori cukup, (3) penggunaan kalimat 60 tergolong kategori cukup, dan (4) penggunaan ejaan 47 tergolong kategori kurang.