%0 Journal Article %A 0643024040 ok 0, NURUL HASANAH %D 2012 %F eprints:17343 %J Digital Library %T PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP PENGUASAAN MATERI POKOK SISTEM GERAK PADA MANUSIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI TERBIMBING (Quasi EksperimenpadaSiswaKelas XI di SMA Negeri 13 Bandar Lampung Semester GanjilTahunPelajaran 2011/2012) %U http://digilib.unila.ac.id/17343/ %X ABSTRAK PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP PENGUASAAN MATERI POKOK SISTEM GERAK PADA MANUSIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI TERBIMBING (Quasi EksperimenpadaSiswaKelas XI di SMA Negeri 13 Bandar Lampung Semester GanjilTahunPelajaran 2011/2012) Oleh NURUL HASANAH Berdasarkanhasilobservasiawal di SMA Negeri 13 Bandar Lampung diketahuibahwa nilai rata-rata siswakelas XI IPA tahunpelajaran (2010/2011) padamateripokokSistemGerakpadaManusiamasihrendahhalinidapatterjadikarenakurangnyakesesuaian model pembelajaran yang digunakan guru denganadanyavariasigayabelajarsiswa. Tujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahui: (1) pengaruhgayabelajarterhadappeningkatanpenguasaanmateripokokSistemGerakpadaManusiamelalui model pembelajaraninkuiriterbimbing; (2) gayabelajar yang menghasilkanpenguasaanmateripokokSistemGerakpadaManusia yang paling tinggimelalui model pembelajaraninkuiriterbimbing. PenelitianinimerupakankuasieksperimendengandesainpenelitianberupaOne Group Pretest-Posttest Design.Data penelitien ini berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif berupa data nilai penguasaan materi yang diperoleh dari nilai pretest, posttest dan N-gain yang dianalisis secara statistik menggunakan uji anova pada taraf kepercaaan 5%melalui program SPSS 17. Data kualitatif berupa data gaya belajar siswa peroleh melalui pengisian angket oleh siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa kelas XI IPA 1 di SMA Negeri 13 Bandar Lampung yang memiliki gaya belajr visual sebanyak 10 siswa, auditori 17 siswa dan kinestetik 8 siswa dari jumlah keseluruhan 35 siswa. Setelah dilakukan pembelajaran diperoleh nilai rata-rata N-gain penguasaan materi siswa pada ketiga kelompok gaya belajar visual, auditori dan kinestetik berturut-turut adalah 82,32; 76,69; dan 74,90. Penguasaanmaterisiswa yang memilikigayabelajar visual berbedasignifikandengankinestetik. Namunantarasiswa yang memilikigayabelajar visual denganauditorimaupunkinestetikdenganauditoritidakberbedanyata. Kelompoksiswa yang memilikigayabelajar visual menghasilkan N-gainpaling tinggidibandingkandengangayabelajarauditorimaupunkinestetik. Dengandemikiandapatdinyatakanbahwagayabelajarsiswa (visual, auditoridankinestetik) berpengaruhnyataterhadappenguasaanmateripokokSistemGerakpadaManusia. Kata kunci : Gaya Belajar, inkuiri, Penguasaan Materi, Materi Sistem Gerak Manusia.