@misc{eprints1735, month = {Juli}, title = {EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOLABORASI(COLLABORATIVELEARNING) ANTARA TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DAN MAKE AMATCH TERHADAPHASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI IPS SMA AL-AZHAR 3 BANDAR LAMPUNGTAHUN PELAJARAN 2013-2014}, author = {HERMIA KURNIA PUTRI Herwan Kuring}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2014}, url = {http://digilib.unila.ac.id/1735/}, abstract = {Penelitianinibertujuanuntukmengetahui: (1) Perbedaanrata-rata pretestgeografi, (2) Perbedaan yang signifikan rata-rata postestgeografi, (3)Perbedaan peningkatan gainhasilbelajargeografi, dan (4) Keefektifan model PembelajaranKolaborasiantara TGT danMake A Match.Metode yang digunakanpadapenelitianiniadalaheksperimen semu.PengambilansampelmenggunakanteknikPurposive Random Sampling, dipilihkelas XI IPS 3 sebagaikelaseksperimendan XI IPS 2 sebagaikelaskontrol. Teknikpengumpulan data yang digunakanadalahteshasilbelajargeografi berupapretestdanposttestpadamateriPersebaran Flora dan Fauna.Untukmengolah data penelitiandigunakanprogram SPSS 20.Hasil penelitianini: (1) Tidak ada perbedaan rata-rata pretestgeografi, (2) Ada perbedaan rata-ratapostestgeografi, (3)Peningkatangain hasil belajar geografi, dan (4) Keefektifan model Pembelajaran Kolaborasiantara TGT danMake A Match. Kata Kunci: PembelajaranKolaborasi (Collaborative Learning), Efektivitas Pembelajaran Geografi, Team Games Tournament, Make A Match} }