%A HERMIA KURNIA PUTRI Herwan Kuring %T EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOLABORASI(COLLABORATIVELEARNING) ANTARA TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DAN MAKE AMATCH TERHADAPHASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI IPS SMA AL-AZHAR 3 BANDAR LAMPUNGTAHUN PELAJARAN 2013-2014 %X Penelitianinibertujuanuntukmengetahui: (1) Perbedaanrata-rata pretestgeografi, (2) Perbedaan yang signifikan rata-rata postestgeografi, (3)Perbedaan peningkatan gainhasilbelajargeografi, dan (4) Keefektifan model PembelajaranKolaborasiantara TGT danMake A Match.Metode yang digunakanpadapenelitianiniadalaheksperimen semu.PengambilansampelmenggunakanteknikPurposive Random Sampling, dipilihkelas XI IPS 3 sebagaikelaseksperimendan XI IPS 2 sebagaikelaskontrol. Teknikpengumpulan data yang digunakanadalahteshasilbelajargeografi berupapretestdanposttestpadamateriPersebaran Flora dan Fauna.Untukmengolah data penelitiandigunakanprogram SPSS 20.Hasil penelitianini: (1) Tidak ada perbedaan rata-rata pretestgeografi, (2) Ada perbedaan rata-ratapostestgeografi, (3)Peningkatangain hasil belajar geografi, dan (4) Keefektifan model Pembelajaran Kolaborasiantara TGT danMake A Match. Kata Kunci: PembelajaranKolaborasi (Collaborative Learning), Efektivitas Pembelajaran Geografi, Team Games Tournament, Make A Match %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2014 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints1735