title: PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP DENGAN PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF ANTARA TEKNIK PEMBELAJARAN TALKING STICK DENGAN MAKE A MATCH PADA MATERI GAYA creator: , Yulistina subject: L Education (General) = Pendidikan subject: LB Theory and practice of education subject: QC Physics description: Kegiatan belajar mengajar saat ini kebanyakan berpusat pada guru, pembelajaran seharusnya berpusat pada siswa dan tidak lagi menempatkan guru sebagai satu-satunya sumber belajar. Penelitian ini membandingkan hasil belajar fisika siswa antara teknik pembelajaran talking stick dengan make a match. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui, (1) perbedaan rata-rata hasil belajar antara teknik pembelajaran talking stick dengan teknik pembelajaran make a match; (2) kelas mana yang hasil belajarnya mendapat nilai lebih tinggi antara penggunaan teknik pembelajaran talking stick dengan make a match. Penelitian ini telah dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2012/2013 di SMP Gajah Mada Bandar Lampung. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII semester genap Tahun Pelajaran 2012/2013 di SMP Gajah Mada Bandar Lampung. Sampel penelitian ini terdiri dari 2 kelas yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel yang diperoleh adalah kelas VIIIA sebagai kelompok eksperimen 1 dan kelas VIIIB sebagai kelompok eksperimen 2. Dengan desain penelitian menggunakan bentuk Eksperimen Design dengan tipe One-Shot Case Study. Teknik analisis data hasil belajar menggunakan skor hasil Yulistina belajar ternormalisasi. Pada pengujian hipotesis menggunakan uji Independent Sample T -Test. Berdasarkan hasil tes, hasil uji perbedaan hasil belajar siswa menunjukkan hitung t > tabel t (2,11 > 1,69) dan signifikansi (0,038 < 0,05) maka 0 H ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, ada perbedaan rata-rata hasil belajar siswa dengan model pembelajaran kooperatif antara teknik pembelajaran Talking Stick dengan teknik pembelajaran make a match. Kata kunci : teknik pembelajaran talking stick, teknik pembelajaran make a match, dan hasil belajar publisher: Fakultas KIP date: 2013-09-23 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1736/1/3.%20COVER%20DALAM.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1736/2/2.%20ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1736/3/4.%20PERSETUJUAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1736/4/5.%20PENGESAHAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1736/5/6.%20PERNYATAAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1736/6/11.%20DAFTAR%20ISI.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1736/7/BAB%201.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1736/8/BAB%20II.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1736/9/BAB%20III.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1736/10/BAB%20IV.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1736/11/BAB%20V.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1736/12/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf format: archive identifier: http://digilib.unila.ac.id/1736/13/LAMPIRAN.zip identifier: , Yulistina (2013) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP DENGAN PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF ANTARA TEKNIK PEMBELAJARAN TALKING STICK DENGAN MAKE A MATCH PADA MATERI GAYA. Fakultas KIP, Universitas Lampung. relation: http://digilib.unila.ac.id/1736/