%A YOPI AFRIANSYAH 0923011077 %J Digital Library %T PENERAPAN PEMBELAJARAN PORTOFOLIO UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PELAKSANAAN SHALAT SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR NEGERI BARURANJI LAMPUNG SELATAN %X Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menyusun perencanaan, mendeskripsikan pelaksanaan dan sistem penilaian serta mengetahui peningkatan hasil belajar dengan menggunakan pembelajaran portofolio pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam materi shalat di kelas V A dan V B SD Negeri Baruranji Lampung Selatan. Penelitian tindakan kelas dilakukan sebanyak dua siklus. Siklus pertama dilaksanakan dengan tugas kelompok, menemukan masalah tentang penyebab meninggalkan shalat dan mengkajinya hingga menyusun rencana tindakan serta pelaksanaan praktik shalat siswa berkelompok. Siklus kedua dilaksanakan dengan kelompok yang berbeda dengan sebelumnya untuk mengkaji dan menyelesaikan masalah tentang kesalahan ? kesalahan dalam shalat, serta praktik shalat siswa secara individu. Responden dalam penelitian ini adalah siswa kelas VA sebanyak 32 orang dan kelas VB sebanyak 33 orang. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi yang dilengkapi dengan tes kemampuan shalat dan dokumentasi siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Kemampuan guru dalam menyusun RPP di siklus I memperoleh nilai 4,60 siklus II 4,80.(2) Hasil aktivitas guru dalam proses pembelajaran portofolio di siklus I mencapai 70% dan di siklus II menjadi 85% dari jumlah aktivitas yang di amati, sedangkan aktivitas siswa yang aktif di kelas V A di siklus I mencapai 53,1 % meningkat menjadi 84,3% di siklus II dan kelas V B di siklus I mencapai 51,5% meningkat menjadi 78,7% dari jumlah siswa. (3) Penilaian tes siklus I skor validitas 0,40 dengan nilai reliable 0,81 dan 13 soal memiliki tingkat kesukaran cukup dan 1 soal memiliki daya beda baik. Siklus II skor validitas 0,75 dengan nilai reliable 0,93 dan 15 soal memiliki tingkat kesukaran cukup dan 10 soal memiliki daya beda baik (4) Hasil belajar siswa yaitu aspek kognitif ketuntasan belajar siswa kelas V A siklus I adalah 46,8 % dan siklus II sebesar 78,1 %. Ketuntasan di kelas V B siklus I adalah 39,3 % dan siklus II 72,7 %. Aspek psikomotorik yang tuntas di kelas V A siklus I 15,6% dan siklus II sebesar 84,3% dan dikelas V B siklus I 21,2% dan di siklus II mencapai 81,8 %. Pembelajaran portofolio dapat meningkatkan proses pembelajaran dan hasil belajar khususnya kemampuan shalat siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri Baruranji Lampung Selatan. %D 2012 %L eprints17372