%A Dewi Armiyati 0923011087 %J Digital Library %T PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH MELALUI PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 17 BANDAR LAMPUNG %X Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mendeskripsikankan perencanaan pembelajaran Quantum Teaching, (2) Mendeskripsikan proses pelaksanaan pembelajaran Quantum Teaching, (3) Mendeskripsikan sistem evaluasi pembelajaran Quantum Teaching, (4) Menjelaskan peningkatan prestasi belajar sejarah siswa kelas XI IPS.1 dan XI IPS.2 SMA Negeri 17 Bandar Lampung, dengan diterapkannya Pembelajaran Quantum Teaching. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah PenelitianTindakan Kelas (PTK), dilaksanakan dalam 3 siklus dengan menerapkan Pembelajaran Quantum Teaching. Pada siklus ke-1 menggunakan langkah langkah-langkah TANDUR (Tumbuhkan, Alami, Namai, Demontrasikan, Ulangi, dan Rayakan) yang didukung modul dan peta dari internet. Pada siklus ke-2 selain menggunakan langkah-langkah TANDUR juga menerapkan Unsur Konteks (Suasana, Landasan yang kuat, Lingkungan, dan Rancangan belajar yang dinamis) yang didukung dengan media gambar dan peta melalui internet, dan pada siklus ke-3 mengunakan langkah-langkah TANDUR dan Unsur Konteks yang telah dilakukan perbaikan serta didukung dengan media gambar dan video. Kesimpulan penelitian ini adalah : (1) Hasil penilaian RPP siklus I= 2, 98 (kategori kurang), siklus II = 3,80 (kategori sedang), dan siklus III = 4,33 (katagori baik). (2) Proses pelaksanaan pembelajaran sejarah dengan menerapkan Pembelajaran Quantum Teaching berhasil/baik karena ada peningkatan jumlah siswa yang aktif yakni, Siklus I : Kelas XI IPS.I = 58 %, dan kelas XI IPS.2 = 59 %. Siklus II : Kelas XI IPS.I = 73 %, dan kelas XI IPS. 2 = 74 %. Siklus III : Kelas XI IPS.I = 88 %, dan kelas XI IPS.2 = 87 % (3) Hasil uji validitas tes setiap siklus meningkat yakni siklus I : rata-rata nilai validitas = 0,38 (kategori sedang), reliabilitas = 0.6872 (reliable), rata-rata nilai tingkat kesukaran = 0,46 (kategori sedang), dan rata-rata nilai daya beda = 0,40 (kategori baik). Siklus II : rata-rata nilai validitas = 0,47 (kategori sedang), reliabilitas = 0.7992 (reliable), rata-rata nilai tingkat kesukaran = 0,48 (kategori sedang), dan rata-rata nilai daya beda = 0,64 (kategori baik). Siklus III : rata-rata nilai validitas = 0,63 (kategori sedang), reliabilitas = 0.8269 (reliable), rata-rata nilaii tingkat kesukaran = 0,65 (kategori sedang), dan rata-rata nilai daya beda = 0,66 (kategori baik). (4) Prestasi belajar sejarah siswa meningkat yakni, siswa yang tuntas belajarnya, kelas XI IPS.I : siklus I = 52 %, siklus II = 72 %, dan siklus III = 88 %. Kelas XI IPS.2 : siklus I = 58 %, siklus II = 73 % dan siklus III = 81%. %D 2012 %L eprints17376