title: PENGARUH SKILL REPRESENTASI MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP LITERASI SAINS SISWA SMP creator: , YUNANTO NUR AFANDI subject: L Education (General) = Pendidikan subject: LB Theory and practice of education subject: QC Physics description: Pelajaran fisika dianggap siswa merupakan mata pelajaran yang sulit karena banyak menggunakan rumus dan angka. Upaya yang dapat membantu siswa dalam meningkatkan literasi sains pada materi gaya, yaitu mengenalkan skill representasi dan pembelajaran kontekstual. Berdasarkan hal tersebut, peneliti telah melakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh skill representasi menggunakan model kontekstual terhadap literasi sains siswa SMP. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh skill representasi terhadap literasi sains menggunakan model pembelajaran kontekstual pada siswa SMP, dan (2) mengetahui peningkatan literasi sains menggunakan model pembelajaran kontekstual pada siswa SMP. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 29 Bandar Lampung menggunakan satu kelas, yaitu kelas VIIIa dengan jumlah sampel 38 siswa dan menggunakan desain Minimal Control (One-Group Pretest-Posttest). Pada penelitian ini diperoleh data skill representasi, data pretest dan posttest literasi sains yang berdistribusi normal dan linier. Kemudian untuk menguji pengaruh dilakukan uji korelasi dan regresi linear sederhana antara data skill Yunanto Nur Afandi representasi dan data posttest literasi sains, sedangkan untuk mengetahui peningkatan literasi sains dilakukan perhitungan persentase kenaikan skor N-gain, dan uji paired samples t test dari data pretest dan posttest literasi sains siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh positif linear yang kuat dan signifikan antara skill representasi terhadap literasi sains siswa dengan kontribusi sebesar 41,86% dan persamaan regresinya adalah Y = 6,156 + 1,065X, dan (2) terjadi peningkatan yang signifikan dari literasi sains dengan menggunakan pembelajaran kontekstual, dengan kenaikan skor rata-rata sebesar 38 % dan nilai N-gain rata-rata 0,49 yang termasuk dalam kategori sedang. Kata kunci : skill representasi , pembelajaran kontekstual , literasi sains. publisher: Fakultas KIP date: 2013-09-23 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1738/1/COVER.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1738/2/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1738/3/HALAMAN%20PENGESAHAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1738/4/HALAMAN%20PERSETUJUAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1738/5/PERNYATAAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1738/6/DAFTAR%20ISI.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1738/7/BAB%20I.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1738/8/BAB%20II.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1738/9/BAB%20III.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1738/10/BAB%20IV.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1738/11/BAB%20V.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1738/12/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf format: archive identifier: http://digilib.unila.ac.id/1738/13/LAMPIRAN.zip identifier: , YUNANTO NUR AFANDI (2013) PENGARUH SKILL REPRESENTASI MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP LITERASI SAINS SISWA SMP. Fakultas KIP, Universitas Lampung. relation: http://digilib.unila.ac.id/1738/