%0 Journal Article %A 0743023046, Ratu Dwi Gustia Rasyidi %D 2012 %F eprints:17382 %J Digital Library %T EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 3E PADA MATERI HUKUM-HUKUM DASAR KIMIA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGKOMUNIKASIKAN DAN INFERENSI %U http://digilib.unila.ac.id/17382/ %X Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh model pembelajaran Learning Cycle 3-E yang efektif pada materi hukum-hukum dasar kimia dalam meningkatkan keterampilan mengkomunikasikan dan inferensi siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi kelas X SMA N 15 Bandar Lampung. Sampel dalam penelitian ini diambil menggunakan teknik purposive sampling. Diperoleh sampel kelas X3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X4 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperiemen yaitu Nonequivalent Control Group Design. Efektivitas model pembelajaran diukur berdasarkan selisih skor pretest dan posttest (gain ternormalisasi). Berdasarkan uji hipotesis yang dilakukan, diketahui bahwa kelas dengan pembelajaran Learning Cycle 3 E memiliki rata-rata keterampilan mengkomunikasikan dan inferensi yang lebih tinggi dibandingkan rata-rata kelas dengan pembelajaran konvensional. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran Learning Cycle 3 E lebih efektif dalam meningkatkan keterampilan mengkomunikasikan dan inferensi siswa. Kata kunci: model pembelajaran Learning Cycle 3 E, keterampilan mengkomunikasikan dan inferensi.