%A WINARNI 0643024056 ok %J Digital Library %T PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP PENGUASAAN MATERI POKOK SISTEM PERNAPASAN (Studi Eksperimen Siswa Kelas VIII SMP Negeri 20 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2011/2012 %X ABSTRAK PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP PENGUASAAN MATERI POKOK SISTEM PERNAPASAN (Studi Eksperimen Siswa Kelas VIII SMP Negeri 20 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2011/2012 Oleh WINARNI Pembelajaran biologi di SMP Negeri 20 Bandar Lampung mengalami permasalahan pada penguasaan materi pokok Sistem Pernapasan Pada Manusia oleh siswa. Selama ini proses pembelajaran yang digunakan oleh guru hanya menggunakan metode diskusi. Hanya siswa yang pintar saja yang aktif terlibat dalam diskusi, sehingga diskusi hanya didominasi oleh beberapa siswa bahkan permasalahan diskusi meluas sehingga tujuan pembelajaran tidak tercapai semua. Hal ini berdampak terhadap penguasaan materi pokok Sistem Pernapasan Pada Manusia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh model pembelajaran Picture and Picture dalam meningkatkan penguasaan materi pokok Sistem Pernapasan Pada Manusia; 2) peningkatan penguasaan materi pokok sistem pernapasan yang lebih tinggi dengan menggunakan model pembeljaran Picture and Picture. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-postest kelompok tak ekuivalen. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII E dan VIII G yang dipilih secara acak dengan teknik cluster random sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif yaitu hasil belajar kognitif siswa yang diperoleh dari pretes dan postes. Analisis data kuantitatif menggunakan uji-t pada taraf kepercayaan 5% dengan menggunakan program SPSS 17. Data kualitatif yaitu aktivitas belajar siswa yang diperoleh dari lembar observasi dan di analisis secara deskriptif dalam bentuk persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata N-gain siswa yang menggunakan model pembelajaran Picture and Picture (=76,29) lebih tinggi dibandingkan rata-rata N-gain siswa yang menggunakan diskusi (=67,71). Selain itu, rata-rata N-gain untuk indikator C1, C3, C4 berbeda antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, sedangkan indikator C2 tidak berbeda secara signifikan. Dengan demikian penggunaan model pembelajaran Picture and Picture berpengaruh nyata dalam meningkatkan penguasaan materi Sitem Pernapasan Pada Manusia. Aktivitas belajar siswa yang menggunakan pembelajaran Picture and Picture memiliki persentase yang lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran yang menggunakan diskusi. Kata kunci : Model pembelajaran Picture and Picture, penguasaan konsep, aktivitas belajar,Sistem Pernapasan Pada Manusia. %D 2012 %L eprints17404