TY - UNPB CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints17408 UR - http://digilib.unila.ac.id/17408/ A1 - Heidy Pratiwi, 0813053035 Y1 - 2016/01/13/ N2 - Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV A SD Negeri 10 Metro Pusat pada mata pelajaran matematika, dari 21 orang siswa hanya 4 (19%) siswa yang memenuhi kriteria ketuntasan minimum (KKM) 65. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV A SD Negeri 10 Metro Pusat melalui model discovery learning dengan media tiga dimensi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan yaitu; (1) perencanaan (planning), (2) pelaksanaan (acting), (3) observasi (observing), (4) refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi dan tes. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model discovery learning dengan media tiga dimensi pada pembelajaran matematika di kelas IVA SD Negeri 10 Metro Pusat dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Persentase siswa aktif siklus I sebesar 61,90% (aktif), siklus II sebesar 80,95% (sangat aktif) mengalami peningkatan sebesar (19,05%). Rata-rata hasil belajar siswa, siklus I sebesar 69,52 (baik), siklus II sebesar 75,23 (amat baik), peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar (5,71). Meningkatnya hasil belajar siswa juga dapat di ketahui dari persentase siswa tuntas, siklus I sebesar 71,42% (tinggi), siklus II sebesar 85,71% (sangat tinggi), peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar (14,29%). Kata kunci: aktivitas, discovery learning, hasil belajar, media tiga dimensi. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN MEDIA TIGA DIMENSI PADA SISWA KELAS IV A SD NEGERI 10 METRO PUSAT AV - restricted ER -