?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=EFEKTIVITAS+METODE+PEMBELAJARAN+PROBLEM+SOLVING%0D%0ATERHADAP+HASIL+BELAJAR+GEOGRAFI+KELAS+XI+IPS%0D%0ASMA+NEGERI+1+GEDONG+TATAAN%0D%0ATAHUN+PELAJARAN+2013-2014&rft.creator=Midin%2C+Mide+Rara+Emirilda&rft.subject=G+Geography+(General)&rft.subject=LB+Theory+and+practice+of+education&rft.description=Tujuan+penelitian+ini+adalah%3A+Untuk+mengetahui+perbedaan+rata-rata+nilai+pretes+mata+pelajaran+geografi+pada+kelas+yang+akan+diberi+perlakuan+metode+pembelajaran+Problem+Solving+dan+kelas+yang+diberi+metode+ceramah.+Untuk+mengetahui+rata-rata+postes+hasil+belajar+geografi+pada+kelas+yang+akan+diberi+perlakuan+metode+pembelajaran+Problem+Solving+lebih+tinggi+dibandingkan+pada+kelas+yang+diberi+metode+ceramah.+Untuk+mengetahui+gain+(peningkatan)+hasil+belajar+geografi+pada+kelas+akan+yang+diberi+metode+pembelajaran+Problem+Solving+lebih+tinggi+dibandingkan+pada+kelas+yang+diberi+metode+ceramah.+Untuk+mengetahui+metode+pembelajaran+Problem+Solving+lebih+efektif+dibandingkan+metode+ceramah+pada+mata+pelajaran+geografi+kelas+XI+IPS+SMAN+I+Gedong+Tataan.+Metode+yang+digunakan+pada+penelitian+ini+adalah+Eksperimen+Semu+(quasi+eksperimen).+Jumlah+sampel+sebanyak+45+siswa.+Analisis+data+yang+digunakan+adalah+uji+t+independent+samples+test.%0D%0AHasil+analisis+data+diperoleh+kesimpulan+bahwa%3A+Terdapat+perbedaan+rata-rata+nilai+pretes+mata+pelajaran+geografi+pada+kelas+yang+diberi+perlakuan+metode+Problem+Solving+dan+pada+kelas+yang+diberi+metode+ceramah.+Rata-rata+postes+hasil+belajar+geografi+pada+kelas+yang+diberi+perlakuan+metode+pembelajaran+Problem+Solving+lebih+tinggi+dibandingkan+kelas+yang+diberi+metode+ceramah.+Rata-rata+gain+hasil+belajar+geografi+pada+kelas+yang+diberi+perlakuan+metode+Problem+Solving+lebih+tinggi+dibandingkan+pada+kelas+yang+diberi+metode+ceramah.+Metode+pembelajaran+Problem+Solving+lebih+efektif+dibandingkan+metode+ceramah+pada+mata+pelajaran+geografi+kelas+XI+IPS+SMAN+I+Gedong+Tataan.%0D%0AKata+Kunci%3A+Metode%2C+Problem+Solving%2C+Hasil+Belajar+Georgrafi&rft.publisher=FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN&rft.date=2014-08-18&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1741%2F1%2F02.%2520COVER%2520DALAM.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1741%2F2%2F03.%2520ABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1741%2F3%2F04.%2520HALAMAN%2520PERSETUJUAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1741%2F4%2F05.%2520HALAMAN%2520PENGESAHAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1741%2F5%2F06.%2520SURAT%2520PERNYATAAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1741%2F6%2F11.%2520DAFTAR%2520ISI.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1741%2F7%2FBAB%2520I.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1741%2F8%2FBAB%2520II.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1741%2F9%2FBAB%2520III.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1741%2F10%2FBAB%2520IV.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1741%2F11%2FBAB%2520V.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1741%2F12%2FDAFTAR%2520PUSTAKA.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1741%2F13%2FLAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf&rft.identifier=++Midin%2C+Mide+Rara+Emirilda++(2014)+EFEKTIVITAS+METODE+PEMBELAJARAN+PROBLEM+SOLVING+TERHADAP+HASIL+BELAJAR+GEOGRAFI+KELAS+XI+IPS+SMA+NEGERI+1+GEDONG+TATAAN+TAHUN+PELAJARAN+2013-2014.++FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1741%2F